Ternyata Daun Pandan Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Ternyata Daun Pandan Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Daun pandan--

HARIANMUBA.COM - Daun pandan merupakan tanaman yang sering ditemui di sekitar rumah atau di dapur. Di Indonesia, daun ini kerap digunakan sebagai pewarna dan pewangi alami dalam masakan.

Selain itu, sering pula digunakan sebagai bahan infus water dan tersedia dalam bentuk bubuk atau minyak esensial.

Selain memberikan aroma harum pada masakan, daun pandan juga memiliki berbagai manfaat yang menakjubkan.

Pertama, sebagai antioksidan. Daun pandan mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan polifenol yang membantu melawan kerusakan oksidatif dalam tubuh, melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

BACA JUGA:Lebaran Idul Fitri 1445 Pada 10 April, Kemungkinan Besar Hari Raya Serentak

BACA JUGA:Arus Mudik Balik Lebaran 2024, Tol Palembang - Betung Dibuka Fungsional 12 Hari

Kedua, sebagai anti peradangan. Senyawa aktif dalam daun pandan juga memiliki potensi untuk mengurangi peradangan dalam tubuh, bermanfaat untuk mengurangi gejala penyakit inflamasi seperti artritis dan penyakit inflamasi usus.

Ketiga, untuk kesehatan jantung. Konsumsi daun pandan dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, serta melawan proses peradangan yang berkaitan dengan penyakit jantung.

Keempat, sebagai antimikroba. Ekstrak daun pandan memiliki potensi antimikroba yang membantu melawan pertumbuhan bakteri, jamur, dan mikroorganisme lainnya, menjaga kesehatan saluran pencernaan dan kulit.

Kelima, untuk antidiabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun pandan dapat membantu mengatur kadar gula darah, bermanfaat bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko mengembangkan kondisi tersebut.

BACA JUGA:Pemprov Sumsel Bekerja Sama dengan Pertamina akan Membuat Taman Keanekaragaman Hayati di JSC

BACA JUGA:Ini Penyebab Kapal Jukung Terbakar Lalu Meledak Saat Isi BBM di SPBB Terapung

Keenam, sebagai antianker. Meskipun penelitian masih dalam tahap awal, beberapa studi menunjukkan bahwa senyawa dalam daun pandan memiliki potensi untuk mencegah atau menghambat pertumbuhan sel kanker.

Demikian beberapa manfaat luar biasa dari daun pandan. Jadi, jangan ragu untuk menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. (and)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: