Mengenali Ciri-Ciri Awal Orang Terkena Kolesterol Tinggi, Nomor 7 Sering Disepelekan

Mengenali Ciri-Ciri Awal Orang Terkena Kolesterol Tinggi, Nomor 7 Sering Disepelekan

Mengenali Ciri-Ciri Awal Orang Terkena Kolesterol Tinggi, --

HARIANMUBA.COM- Kolesterol tinggi merupakan kondisi yang dapat memicu berbagai masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung dan stroke.

Sayangnya, kolesterol tinggi sering kali tidak menunjukkan gejala yang jelas pada tahap awal, sehingga penting untuk memahami ciri-ciri awal yang mungkin menandakan kondisi ini.

Berikut adalah beberapa tanda yang perlu diwaspadai.

1. Nyeri Dada (Angina)

Nyeri dada atau angina terjadi akibat aliran darah ke jantung yang berkurang. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri koroner, yang mengakibatkan penyempitan pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke jantung. Rasa nyeri biasanya terasa seperti tekanan atau sesak di dada.

BACA JUGA:Meski Tak Lagi Jadi Ekskul Wajib di Sekolah, Puluhan Siswa SMA N 1 Sanga Desa Tetap Semangat Ikut Pramuka

2. Kesemutan atau Mati Rasa

Kesemutan atau mati rasa, terutama pada tangan dan kaki, bisa menjadi tanda bahwa aliran darah ke ekstremitas tubuh berkurang akibat penyumbatan arteri. Ini disebabkan oleh penumpukan plak yang mengurangi aliran darah yang sehat.

3. Kelelahan Ekstrem

Kelelahan yang tidak wajar dan tidak dapat dijelaskan bisa menjadi indikasi adanya masalah pada sistem kardiovaskular. Kolesterol tinggi dapat mengganggu aliran darah yang normal, sehingga tubuh bekerja lebih keras untuk mendistribusikan oksigen dan nutrisi, yang akhirnya menyebabkan rasa lelah yang berlebihan.

4. Sesak Napas

Sesak napas bisa terjadi akibat penumpukan plak di arteri yang menghalangi aliran darah ke paru-paru dan jantung. Ini membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah, sehingga menyebabkan kesulitan bernapas, terutama saat beraktivitas fisik.

BACA JUGA:Yamaha Vega Force, Motor Bebek 115 CC, Irit dan Serbaguna

5. Xanthomas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: