Harga Kopi di Sumsel, Tembus Rp 75 Ribu

Harga Kopi di Sumsel, Tembus Rp 75 Ribu

Pj Gubernur Sumsel --

HARIANMUBA.COM,-Harga komoditas kopi di sejumlah wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Bahkan saat ini harga kopi mencapai angka Rp 75 ribu per kilogram.

Kenaikan harga kopi tersebut tentu saja berkat dilaunchingnya ‘Kopi Sumsel’ oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni belum lama ini. 

Sementara itu, Ketua Kelompok Petani Kopi Desa Bumi Agung, Dempo Utara, Pagar Alam, Zulkifli mengatakan kopi di wilayahnya juga terjadi kenaikan harga. Bahkan sudah terjadi dalam beberapa bulan belakangan.

BACA JUGA:CBR250RR Raja Motor Sport dari Honda, Miliki Performa Tangguh dan Fitur Terdepan

BACA JUGA:Tegas! DPD PKS Muba Nyatakan Sikap Dukung H Apriyadi Pada Pilkada Muba 2024

"Sudah sejak tiga hari terakhir tembus Rp 70 ribu per kilogram. Tapi harga jual itu tergantung kualitasnya," ucap Zulkifli saat dimintai keterangan, Sabtu kemarin.

Zulkifli menjelaskan kopi dengan kadar air antara 12%-15% di Pagaralam saat ini dijual Rp 70 ribu per kilogram. Sementara untuk kadar air dengan persentase lebih besar atau di atas 20% harganya lebih rendah, yaitu kisaran Rp 65 ribuan

"Kopi yang kualitas bagus di Pagaralam bisa tembus Rp 70 ribu per kilogram, tapi kalau harga basis di Lampung bisa sampai Rp 79 ribu per kilogram," kata Zulkifli.

Menurutnya, kenaikan harga jual kopi membuat petani antusias menjual hasil produksinya.

BACA JUGA:BRI Kembali Dinobatkan Sebagai Perusahaan Terbesar di Indonesia Versi Forbes The Global 2000

BACA JUGA:Ternyata Ikan Lele Memiliki Kandung Gizi Setara Ikan Salmon

Zulkifli mengatakan salah satu faktor kenaikan harga disebabkan menurunnya produksi kopi di sejumlah negara produsen, di antaranya di Vietnam dan Brazil. Hal itu mengerek tentunya mengerek harga jual petani di Sumsel sebagai daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia.

Sementara itu, hasil produksi kopi di Pagaralam masih cenderung stabil. Salah satu petani kopi di Pagaralam, Helvi Hartawan menyebut harga biji kopi di daerahnya berkisar pada Rp 65 hingga 75 ribu per kilogram sedangkan untuk kopi bubuk jauh lebih tinggi lagi mencapai Rp 100 ribu per kilogram.

“Ini harga kopi sedang bagus-bagusnya malah sampai Rp 75 ribu per kilogram,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: