Telegram Gandeng Microsoft, Hadirkan Bot AI 'Copilot' untuk Saingi WhatsApp

Telegram Gandeng Microsoft, Hadirkan Bot AI 'Copilot' untuk Saingi WhatsApp

Telegram Gandeng Microsoft, Hadirkan Bot AI 'Copilot' untuk Saingi WhatsApp--

HARIANMUBA.COM- Telegram, aplikasi pesan singkat yang semakin populer, kini memiliki amunisi baru untuk bersaing dengan WhatsApp.

Microsoft baru saja meluncurkan fitur bot berbasis kecerdasan buatan (AI) 'Copilot' di Telegram. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari informasi, memberikan pertanyaan, dan berinteraksi dengan chatbot AI.

Copilot di Telegram saat ini masih dalam tahap uji coba beta dan tersedia secara gratis bagi pengguna di perangkat mobile dan desktop.

BACA JUGA:Oppo Reno4 Pro 5G yang Bikin Semua Terpesona, Berikut Rahasianya

Pengguna dapat berinteraksi dengan Copilot melalui kolom chat, seolah-olah mengobrol dengan manusia asli. Fitur ini dapat diakses dengan menambahkan bot Microsoft melalui akun @CopilotOfficialBot.

Langkah ini merupakan salah satu upaya Telegram untuk memperkuat posisinya dalam persaingan dengan WhatsApp. 

Baru-baru ini, Telegram mengumumkan target untuk mencapai 1 miliar pengguna pada akhir 2024. Sebagai perbandingan, pengguna aktif WhatsApp telah melampaui 2 miliar pada 2023.

BACA JUGA:Sepeda Motor Bertabrakan di Musi Rawas, 2 Pengendara Motor Meninggal dunia

Menurut CEO Telegram, Pavel Durov, pertumbuhan ini didorong oleh beberapa faktor, termasuk netralitas Telegram, enkripsi yang kuat, dan kebijakan perusahaan yang tidak tunduk pada tekanan politik untuk menyensor konten tertentu.

Perusahaan AI lainnya juga berlomba-lomba memperluas akses chatbot mereka ke layanan pesan singkat.

Meta, misalnya, telah menanamkan Meta AI ke dalam Messenger, WhatsApp, dan Instagram. Pengguna juga dapat mengakses Gemini AI di dalam Google Messages pada perangkat Android.

Untuk mengakses Copilot di Telegram, pengguna perlu mencari akun bot tersebut dan kemudian akan diminta untuk membagikan nomor telepon yang terdaftar di akun Telegram kepada Microsoft.

BACA JUGA:Polsek Lais Amankan Pencuri dan Penadah Besi Tower, Berikut Barang Buktinya

Dalam blognya, Microsoft menyatakan bahwa Copilot di Telegram dapat digunakan untuk menanyakan rekomendasi film, mencari inspirasi olahraga rutin, membantu pekerjaan coding, menerjemahkan obrolan, serta mencari fakta dan informasi tertentu di internet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: