Pj Gubernur Elen Setiadi Terima Penghargaan PSN, Sumsel Diakui Atas Percepatan Pembangunan

Pj Gubernur Elen Setiadi Terima Penghargaan PSN, Sumsel Diakui Atas Percepatan Pembangunan

Pj Gubernur Elen Setiadi Terima Penghargaan PSN, Sumsel Diakui Atas Percepatan Pembangunan--

HARIANMUBA.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Elen Setiadi, menerima Apresiasi Proyek Strategis Nasional (PSN) kategori provinsi yang diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Republik Indonesia (RI), Airlangga Hartarto.

Penghargaan tersebut diterimanya saat menghadiri acara Peluncuran Geoportal Kebijakan Satu Peta 2.0 dan White Paper OMP Beyond 2024, serta Penyampaian Hasil Capaian PSN dan KEK, yang berlangsung di Ballroom The St Regis Jakarta, Kamis 18 Juli 2024.

“Kita sudah melakukan beberapa eskalasi percepatan pembangunan yang ada di provinsi Sumsel seperti jalan tol, pelabuhan, stasiun dan lainnya,” ujar Elen Setiadi seusai menerima penghargaan tersebut.

BACA JUGA:Jalan di Desa Epil Barat Kecamatan Lais Ini Cukup Menyedihkan, Berharap Ada Perhatian

Geoportal Satu Peta 2.0 adalah sebuah peta canggih yang memuat berbagai data geospasial di seluruh Indonesia dan dapat diakses oleh publik.

Pemerintah meluncurkan Kebijakan Satu Peta atau One Map Policy ini untuk mengintegrasikan data geospasial yang selama ini terpencar di beberapa kementerian dan lembaga.

Peta canggih ini bisa diakses masyarakat secara umum untuk mencari data wilayah secara terperinci melalui Geoportal KSP 2.0.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyatakan bahwa kebijakan satu peta ini akan mampu membantu Indonesia menyerap target investasi. 

BACA JUGA:Gelar Operasi Patuh, Satlantas Polres Muba Ciduk 2 Pria diduga Pengedar Sabu

"Kebijakan satu peta ini penting untuk memberikan kepastian dan kemudahan bagi investor dalam mendapatkan data geospasial yang akurat dan terintegrasi," ujarnya.

Sementara itu, Presiden terpilih Prabowo Subianto menilai kebijakan one map policy akan menciptakan efisiensi dan mencegah tumpang tindih pemanfaatan ruang, sehingga pembangunan dapat dilakukan dengan cepat.

 "Dengan adanya kebijakan ini, kita dapat memanfaatkan ruang secara optimal dan mempercepat proses pembangunan," katanya.

BACA JUGA:Fasilitas dan Pelayanan RSUD Sekayu Dilirik Banyak Daerah. Ini Salah Satunya

Acara peluncuran dan penyampaian hasil PSN serta KEK ini juga dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: