Pemkab Muba Gencar Tekan Laju Inflasi, Ini Langkah Yang Dilakukan

Pemkab Muba Gencar Tekan Laju Inflasi, Ini Langkah Yang Dilakukan

Pemkab Muba Gencar Tekan Laju Inflasi, Ini Langkah Yang Dilakukan --

HARIANMUBA.COM,- Rutin mengikuti rapat koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah secara virtual melalui zoom meeting, Pemkab Musi Banyuasin dibawah komando Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi serius menekan laju Inflasi di wilayah Kabupaten Muba.

Rakor yang dilaksanakan secara virtual kali ini dipimpin oleh Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jendral Kementrian dalam negeri Tomsi Tohir.

Kegiatan ini diikuti oleh Pj. Bupati Muba H Sandi Fahlepi diwakili asisten Perekonomian dan pembangunan Setda Muba Andi Wijaya Busro bersama OPD terkait yang berlangsung di ruang rapat Randik, Senin (29/7/2024).

Dalam arahannya Plt. Sekjen Kemendagri mengatakan bahwa harga beras mulai merambah naik sedikit demi sedikit semenjak 3 minggu terakhir. 

BACA JUGA:Pj Gubernur Elen Setiadi Terima Penghargaan Bapanas Award dari Badan Pangan Nasional

BACA JUGA:DWP Muba dan DWP Provinsi Sumsel Sinergi Bakal Gelar Sosialisasi Stunting

Dia juga menambahkan masih adanya gangguan , kendala dalam distribusi yang harus segera dievaluasi dan berharap upaya – upaya yang dilakukan menjadi perhatian seluruh stakeholder untuk kedepannya.

Sementara Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kemendagri Bambang Wisnu menjelaskan secara umum harga beras ,cabai,minyak goreng masih terpantau stabil namun mengakui mengalami kenaikan tidak lebih dari 1%. 

"Mari kita bersama-sama berupaya untuk mendorong regulasi agar segera diterbitkan dan diterapkan sehingga diharapkan DMO dapat segera pulih dan distribusi menjadi stabil. Dan kita juga berharap agar Pemda setempat mengawasi distributor agar tidak terjadi penimbunan barang,"ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Divisi Perencanaan Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Epi Sulandri menyampaikan beberapa rencana dalam menekan inflasi.

BACA JUGA:Ini Capaian 10 Indikator Prioritas Pemkab Muba

BACA JUGA:Diduga Pelaku Begal, Dua Pemuda di OI Tertangkap Basah Intel Kodim OKI Bawa Senpira

 "Salah satu cara untuk menekan inflasi pada harga beras, menurutnya dengan melakukan secara berkala mengadakan operasi pasar murah disetiap kecamatan/kelurahan, menambah jumlah pengecer SPHP serta bekerja sama dengan stakeholder seperti Kepolisian,Pemda,Bi, dan lainnya dalam mengendalikan stabilitas harga beras,"ungkapnya.

Menyikapi yang disampaikan, Asisten II Setda Muba Andi Wijaya mengatakan bahwa Pemkab kabupaten Muba akan terus mendukung upaya pemerintah pusat dalam mengatasi inflasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: