Viral! Aksi Siswa MA di Pemulutan Panjat Tiang Bendera Demi Selamatkan Upacara HUT RI

Viral! Aksi Siswa MA di Pemulutan Panjat Tiang Bendera Demi Selamatkan Upacara HUT RI

Aksi heroik Siswa MA di Pemulutan Ogan Ilir Panjat Tiang Bendera --

HARIANMUBA.COM- Sebuah aksi heroik dilakukan oleh Muhammad Galang Saputra, siswa kelas 12 MA Nurul Amal Pancasila Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan, yang memanjat tiang bendera untuk memperbaiki tali bendera yang macet saat pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Video berdurasi 32 detik yang memperlihatkan aksi Galang tersebut viral di media sosial dan menuai banyak pujian. Siswa asal Desa Pemulutan ini dengan sigap memanjat tiang bendera ketika tali bendera mengalami masalah di tengah prosesi pengibaran oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Tanpa ragu, Galang memanjat tiang setinggi belasan meter tersebut untuk memastikan bendera Merah Putih tetap berkibar.

BACA JUGA:Pemkab Muba Berduka, Kepala Dinas PPPA Tutup Usia Karena Sakit

Tindakan berani Galang ini mengundang perhatian dan rasa haru dari seluruh peserta upacara, termasuk Camat Pemulutan, Panca Rahmat.

Dalam keterangannya, Panca mengungkapkan bahwa aksi Galang layak dijadikan contoh bagi generasi muda dalam hal menjaga simbol negara.

“Saya sangat terharu dan bangga. Aksi Galang menunjukkan jiwa patriotisme dan kecintaannya pada Tanah Air,” ujar Panca.

Sebelumnya, prosesi pengibaran bendera sempat terkendala karena tali bendera yang macet. Meskipun lagu Indonesia Raya sudah selesai diputar, tali tetap tidak bisa ditarik, membuat para petugas upacara kebingungan.

Namun, inisiatif Galang yang spontan memanjat tiang bendera mengubah suasana menjadi penuh semangat dan haru.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Bersama Kemenkumham Serahkan Remisi HUT Kemerdekaan ke-79 di LPKA Pakjo Palembang

Kapolsek Pemulutan, AKP M Ginting, juga mengapresiasi tindakan Galang. Menurutnya, keberanian dan ketulusan Galang dalam menjaga bendera layak dijadikan teladan bagi generasi muda.

“Semoga tindakan Galang menjadi inspirasi bagi semua anak muda di Kecamatan Pemulutan dan Kabupaten Ogan Ilir,” kata AKP Ginting.

Setelah sukses memperbaiki tali bendera, upacara kembali dilanjutkan dan bendera Merah Putih berhasil dikibarkan dengan sempurna.

Atas aksi heroiknya, Galang dipanggil naik ke panggung kehormatan dan menerima apresiasi dari Camat Pemulutan beserta para pejabat yang hadir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: