Ribuan Warga Padati Pantai Bongen untuk Saksikan Lomba Bidar di Desa Penggage

Ribuan Warga Padati Pantai Bongen untuk Saksikan Lomba Bidar di Desa Penggage

Warga antusias menyaksikan Lomba Bidar di Desa Penggage --

SANGA DESA, HARIANMUBA.COM – Ribuan masyarakat tumpah ruah memadati Pantai Bongen (Pasir) di Desa Penggage, Kecamatan SANGA DESA, pada Minggu, 18 Agustus 2024.

Antusiasme warga terlihat saat mereka berkumpul untuk menyaksikan Lomba Biduk Lancar atau Bidar (Balap Perahu, red) yang pertama kali digelar oleh Pemerintah Desa Penggage dalam rangka memperingati HUT ke-79 Republik Indonesia.

Selain lomba bidar, masyarakat juga dihibur dengan lomba estafet memindahkan air, yang tidak kalah menarik.

Kedua lomba tersebut menjadi bagian dari upaya Pemerintah Desa untuk mempromosikan Pantai Bongen, sebuah pantai musiman yang muncul setiap tahun saat air Sungai Musi surut.

BACA JUGA:Tol Bayung Lencir - Tempino Capai 95 Persen, September Uji Laik Fungsi

Kepala Desa Penggage, Amiruddin, menyampaikan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk memanfaatkan perahu-perahu yang telah disediakan oleh Pemkab Muba untuk Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Perairan. 

"Kami berharap melalui lomba bidar ini, masyarakat semakin mengenal dan memanfaatkan potensi wisata desa serta tergerak untuk menjaga kelestarian lingkungan perairan," ujar Amiruddin.

Lomba bidar ini sekaligus menjadi ajang kampanye untuk gerakan stop illegal fishing, mengedukasi warga agar menjaga ekosistem sungai dari aktivitas perikanan ilegal yang merusak.

BACA JUGA:Redmi Note 13 Pro+ 5G, Performa Tangguh Baterai Tahan Lama

"Lomba bidar diikuti oleh peserta yang semuanya merupakan warga Desa Penggage. Setiap perahu diisi oleh tiga orang peserta yang harus mendayung sejauh 500 meter, mengikuti arus Sungai Musi dari hulu ke hilir," katanya. 

Pertandingan berlangsung meriah dengan sorak sorai warga yang memberikan semangat kepada peserta.

"Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan dapat menjadi tradisi tahunan yang semakin meriah ke depannya," harap Kepala Desa Amiruddin.

Dengan suksesnya acara ini, Pemerintah Desa Penggage berharap Pantai Bongen semakin dikenal dan menjadi destinasi wisata yang menarik di wilayah Sanga Desa, serta menumbuhkan kesadaran warga akan pentingnya menjaga kelestarian perairan dan sumber daya alam di sekitarnya.(ren)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: