Mengenal 7 Penemu Hebat Asal Indonesia yang Dikenal Dunia

Mengenal 7 Penemu Hebat Asal Indonesia yang Dikenal Dunia

Salahsatu penemu asal Indonesia --

HARIANMUBA.COM- Indonesia memiliki banyak ilmuwan dan penemu yang telah memberikan kontribusi besar pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di tingkat global.

Berikut adalah beberapa penemu hebat asal Indonesia yang dikenal dunia karena inovasi dan penemuannya.

1. R.M. Sedyatmo (Penemu Fondasi Cakar Ayam)

R.M. Sedyatmo adalah lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1934 yang dikenal sebagai penemu sistem fondasi "Cakar Ayam".

Inovasinya ini mengubah cara pembangunan infrastruktur, terutama di tanah yang lembek atau berlumpur. Fondasi Cakar Ayam telah diaplikasikan dalam pembangunan landasan pacu bandara internasional Soekarno-Hatta, serta berbagai infrastruktur lainnya di seluruh dunia.

Teknologi ini terbukti andal dalam mendukung stabilitas struktur bangunan di berbagai jenis tanah.

BACA JUGA:Dipenghujung Agustus Harga Ayam Potong di Sanga Desa Merangkak Naik

2. Khoirul Anwar (Penemu Konsep Dua FFT dalam Teknologi 4G LTE)

Khoirul Anwar adalah penemu konsep dua Fast Fourier Transform (FFT) yang menjadi komponen penting dalam teknologi komunikasi 4G LTE.

Konsep ini memungkinkan proses transmisi data yang lebih cepat dan efisien. Lulusan Nara Institute of Science and Technology (NAIST), Jepang ini, berhasil mematenkan temuan tersebut pada tahun 2005 dan diakui sebagai standar oleh International Telecommunication Union (ITU).

Tidak hanya itu, Khoirul juga memiliki berbagai paten lain, termasuk sistem deteksi ilegal transmitter yang diantisipasi akan digunakan dalam teknologi 5G.

3. Yogi Ahmad Erlangga (Penemu Rumus Matematika untuk Industri Perminyakan)

Yogi Ahmad Erlangga merupakan ilmuwan yang berhasil menyelesaikan persamaan Helmholtz dengan metode matematika numerik secara cepat (robust), yang digunakan dalam proses seismik data untuk eksplorasi minyak.

Dengan temuan ini, proses pengolahan data menjadi seratus kali lebih cepat dibanding metode konvensional. Metode yang ia kembangkan menjadi sangat penting bagi industri perminyakan global, menarik perhatian perusahaan besar seperti Shell.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: