Satu Warga Palembang Diduga Terpapar Cacar Monyet

Satu Warga Palembang Diduga Terpapar Cacar Monyet

Warga palembang terpapar cacar monyet--

HARIANMUBA.COM,- Satu Warga Palembang Diduga Terpapar Cacar Monyet.

Satu orang yang diduga terpapar ini tinggal di kawasan Seberang Ulu I tepatnya di Lorong Jaya Laksana Kelurahan 3/4 Ulu PALEMBANG.

Wqrga yang diduga terindikasi terpapar virus monkey pox atau cacar monyet berjenis kelamin perempuan yang masih berusia 24 tahun.

Warga tersebut tersebut kini harus menjalani isolasi mandiri selama dua minggu sembari menunggu hasil sample uji laboratorium yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Palembang guna mencegah penyebaran virus baru tersebut.

BACA JUGA:Musim Hujan Segera Tiba, Ini 5 Rekomendasi Kuliner Khas Palembang Paling Cocok Disantap Ketika Cuaca Dingin

BACA JUGA:Komisi VII DPR Dukung Pertamina Agar Roda 4 Wajib Daftar QR Code Pertalite

Dokter Umum Puskesmas 4 Ulu, dr Gerry Arvin Taruna mengatakan benar bahwa pada tanggal 29 Agustus 2024 kemarin ada salah seorang pasien yang berobat dengan gejala-gejala mirip seperti gejala paparan virus cacar monyet. 

Namun itu, katanya belum bisa dipastikan karena saat ini pihak Dinkes Palembang sedang melakukan uji laboratorium terkait sample darah pasien tersebut.

"Kita masih menunggu hasil uji sampel pasien itu. Kalau terkontaminasi cacar monyet atau bukan, kami belum bisa pastikan, karena butuh pemeriksaan dan proses lebih lanjut," terangnya saat dikonfirmasi Selasa 3 September 2024.

Disampaikannya, wabah virus ini gejalanya terlihat dari bentuk muka atau lesinya, biasanya dimulai dari badan, lalu kemudian menyebar ke seluruh tubuh.

BACA JUGA:Realme C51s, Smartphone Murah dengan Kamera 50MP dan Performa Andal

BACA JUGA:Sudah Berhasil Terungkap, Ini Dugaan Pelaku Pembunuhan dan Pemerkosa Siswi di Kuburan Cina Palembang

“Nah, untuk pasien ini, lesinya banyak di tangan dan kaki, bentuknya seperti keropeng warna hitam. Setelah dilakukan pemeriksaan disini diberi obat, keesokkan harinya kami mendatangi pasien di rumahnya dan ternyata mulai membaik,” terangnya.

Menurutnya, untuk kasus seperti ini baru kali pertama ada pasien yang berobat di Puskesmas tempatnya bekerja yang menunjukkan gejala miring seseorang yang terpapar virus monkey pox.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: