Himbau Masyarakat Sumsel Waspadai Bencana Banjir

Himbau Masyarakat Sumsel Waspadai Bencana Banjir

Pj Gubernur Sumsel tinjau posko BPBD --

HARiANMUBA.COM,- Dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Kota Prabumulih, Kamis ore, Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel, Elen Setiadi SH. M.S.E melakukan peninjauan Posko Satuan Tugas Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kota Prabumulih.

Peninjauan ini dilakukan di Posko BPBD Kota Prabumulih yang berada di Jalan Lingkar Tugu Air Mancur Kota Prabumulih. 

Di sela meninjau Posko Karhutla bersama Pj Walikota Prabumulih H. Elman ST. MM, Pj Gubernur Elen Setiadi mengatakan saat ini telah masuk musim penghujan karena itu Ia menghimbau baik masyarakat di Kota Prabumulih maupun di 16 kab/kota lainnya di Sumsel untuk mulai mewaspadai bencana banjir. 

"Alhamdulillah sebelumnya kita berhasil mengatasi Karhutla dan Karhutla kita lebih baik dari tahun sebelumnya. Namun kita harus tetap waspada dan antisipasi bahwa bencana tidak menunggu kita siap. Kebetulan sekarang kita sedang masuk musim penghujan salah satu tantangan kita adalah untukantisipsi adanya banjir," ujar Elen. 

Dalam kesempatan itu, Elen Setiadi mengapresiasi Pj Walikota Prabumulih yang telah menempatkan salah satu posko penanggulangan Karhutla dan bencana lainnya di pusat kota Prabumulih. 

"Ini tentu akan mendekatkan ke tempat rawan bencana. Sehingga kita harapkan petugas lapangan TNI, Polri, BPBD dan unsur masyarakat bisa lebih cepat melakukan penanganan jika terjadi bencana," jelasnya. 

Lebih jauh Elen juga kembali mengingatkan seluruh masyarakat agar tetap siaga terhadap bencana yang datang.

" Kita harus tetap siaga karena bencana tidak menunggu kita siap tapi kitalah yang harus siap apabila terjadi bencana," tegasnya. 

Pada kesempatan itu, Elen juga berpesan kepada jajaran Satgas agar dapat melayani masyarakat dengan sebaik mungkin. Berikan bantuan sebaik mungkin dan segera lakukan pertolongan pertama jika memang diperlukan. 

"Silakan hubungi fasilitas kesehatan jika memang dibutuhkan," tambahnya. 

Masih dalam sambutannya, Elen meyakini bahwa para petugas pasti sudah tahu SOP masing-masing. Untuk itu Ia menghimbau petugas melakukan tugasnya sebaik mungkin. Begitupun Pj Walikota Prabumulih dimintanya untuk terus melakukan pembinaan, evaluasi serta pengawasan  setiap waktu sehingga kewaspadaan bisa ditingkatkan. 

"Sekali lagi Saya sebagai Pj Gubernur Sumsel berterima kasih atas partisipasi bapak/ibu petugas dalam melayani masyarakat terutama dalam kebencanaan yang tidak kita inginkan bersama. Semoga ini menjadi amal ibadah kita semua. Dan semoga Bapak /Ibu diberikan kekuatan dan tetap semangat apapun kondisinya," pungkas Elen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: