Pemprov Bersama 17 Kabupaten Kota di Sumsel Tingkatkan Kualitas Kepegawaian, Menuju Smart ASN

Pemprov Bersama 17 Kabupaten Kota di Sumsel Tingkatkan Kualitas Kepegawaian, Menuju Smart ASN

Kepegawaian antar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumsel dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia--

HARIANMUBA.COM,- Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumsel dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia melaksanakan Rakor.

Kegiatan dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Drs H Edward Candra.

Rakor diikuti 17 Kabupaten/Kota se Sumsel bertempat di Ballroom Hotel Beston Palembang, Selasa 22 Oktober 2024.

Dalam arahannya,  Sekda Edward berharap Rakor ini dapat memberikan manfaat dan sebagai forum komunikasi dalam mendapatkan  informasi penting dan strategis yang terkait dalam bidang kepegawaian.

BACA JUGA:Kerjasama Opsen Pajak PKB dan BBNKB, Pj Gubernur Sumsel Tekankan Transparansi

BACA JUGA:Selain Lezat, Ternyata Ini Manfaat Terong Bagi Kesehatan

"Melalui Rakor dapat mempererat tali silaturahmi diantara para pengelola kepegawaian, bermanfaat sebagai forum komunikasi dalam mendapatkan berbagai informasi penting dan strategis yang terkait dengan bidang kepegawaian," kata Sekda. 

Dia  menambahkan melalui rakor ini  membahas terkait koordinasi kepegawaian  serta  strategi untuk meningkatkan kualitas manajemen ASN melalui penerapan sistem merit guna menciptakan Smart ASN.

Edward menilai, isu tersebut sangat tepat untuk dibahas selaras dengan diberlakukannya UU Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN maka dipandang perlu untuk menyamakan persepsi dan interpretasi dalam implementasinya.

"Berdasarkan UU No 20 tahun 2023 tentang ASN tersebut sistem merit adalah penyelenggaraan sistem manajemen ASN sesuai dengan prinsip meritokrasi yaitu prinsip pengelolaan SDM yang didasarkan pada kualifikasi, kompetensi, potensi dan kinerja serta integritas dan moralitas yang dilaksanakan secara adil dan wajar dengan tidak membedakan latar belakang," ujarnya.

BACA JUGA:Selain Indah dan Wangi, Bunga Kenanga Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

BACA JUGA:Butuh Pintu Rumah dan Kusen? Pedagang Keliling Ini Siap Mendatangi Rumah Konsumen

Menurutnya penerapan sistem Merit sangat penting di sektor pemerintahan ataupun lembaga publik untuk menciptakan sistem rekrutmen, penilaian, promosi dan pemberian kompensasi yang didasarkan pada kerja kompetensi dan kemampuan pegawai.

"Dengan menerapkan sistem Merit diharapkan akan tercipta lingkungan kerja yang lebih produktif, adil, dan efisien. Sistem ini juga dapat meningkatkan motivasi dan loyalitas pegawai karena mereka merasa upaya dan kemampuan mereka diakui secara proporsional," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: