Jalur Jarai, Jalur Alternatif Menuju Puncak Gunung Dempo

Minggu 01-01-2023,21:32 WIB
Reporter : Erwin
Editor : Erwin

PAGARALAM, HARIANMUBA.COM,- Gunung Dempo merupakan gunung kedua tertinggi di Pulau Sumatera setelah Gunung Kerinci, letaknya di Provinsi Sumatera Selatan tepatnya di Kota Pagaralam. 

Bagi pendaki gunung sudah biasa, bila melalui pendakian lewat jalur kebun the,  nah ini jalur alternatif melewati Kecamatan Jarai. 

Bila dari Palembang menuju Pagaralam sekitar  7 atau 8 Jam, ke Kecamatan Jarai ini tidak jauh, dilalui  dengan kendaraan sekitar 20 menit, banyak kendaraan desa yang menuju Kecamatan Jarai ini. 

Sebelum menuju puncak sebaiknya menginap di Pagaralam atau di Pasar Jarai, tidak sulit menemui penginapan disana. 

Menurut Alfa, warga Jarai yang kerap mendaki Gunung Dempo, melakukan pendakian lewat desanya ini memiliki ciri khas tersendiri , dimulai dengan banyak desa yang dilalui dan keramahan penduduk setempat. “

“Bila jalur pegunungan sepanjang mata memadang tentunya perkebunan teh, lewat Jarai ini banyak rumah penduduk yang akan kita lewati, sekitar 2 jam berjalan kaki baru kemudian memasuki areal hutan,” ungkapnya. 

Diperkirakan perjalanan hingga mencapai puncak lanjutnya, bila cuaca bagus sekitar 6 atau 7 jam. 

Uniknya saat akan ditiba di puncak, kita langsung menemui kawah Gunung Dempo, bila jalur kebun teh, pelataran dulu baru kemudian menuju kawah. 

“Silahkan mencoba, penuh tantangan dan jiwa adventuremu akan mengelora,”ungkapnya Alfa sambil tersenyum. 

Sebagaimana diketahui, Gunung Dempo merupakan salah satu gunung berapi stratovolcano di Indonesia yang terakhir kali meletus pada tahun 2017.  Gunung ini memiliki kawah yang warnanya selalu berubah, terkadang berwarna abu-abu, hijau tua, hijau tosca, hingga biru. 

Puncak dari Gunung Dempo ini,   kamu bisa melihat panorama alam yang menawan yaitu pemandangan lautan awannya yang sangat luas dan kawahnya yang indah. 

 

Tags :
Kategori :

Terkait