5 Ruas Tol Trans Sumatera ini Ditargetkan Selesai Tahun 2023, Begini Kondisi Terbaru

Rabu 06-09-2023,16:50 WIB
Reporter : Dodi
Editor : Dodi

Jalan Tol ini akan tersambung langsung dengan empat ruas jalan tol yang sudah beroperasi saat ini di Sumatera Utara, salah satunya adalah Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi (JMKT).

BACA JUGA:Jelang Pilkades, Adik Kandung Bupati Muratara Meninggal Akibat Dianiaya

BACA JUGA:Ada Perubahan Iklim El Nino, Ini 9 Intruksi yang Dikeluarkan Pemkab Muba

Gerbang tol Seksi 4 Serbelawan – Pematang Siantar yang berada di Sinaksak, tidak jauh dari gapura batas masuk Kota Pematang Siantar nantinya akan memangkas waktu tempuh ke Kawasan Pariwisata Strategis Nasional (KSPN) Danau Toba yang awalnya 3,5 jam menjadi 1,5 jam

Sementara itu untuk Tol Indrapura – Kisaran Seksi 1 Indrapura – Lima Puluh dan Jalan Tol Gate-to-Gate Tebing Tinggi – Indrapura (Seksi 1 dan sebagian Seksi 2) dapat beroperasi dalam waktu dekat.

"Target penyelesaian kedua ruas jalan tol ini direncanakan akhir tahun 2023, setelah Sertifikat Laik Operasi (SLO) dan Keputusan Menteri (Kepmen) terkait pengoperasian terbit," ujar EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo dikutip dari Antara.

Sementara itu informasi dari PT. Wijaya Karya (WIKA) yang dipercaya membangun konstruksi Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan (Koto Kampar) sepanjang 24,7 km, disebutkan bahwa progressnya sudah mencapai 83,24 persen.

BACA JUGA:Tol Muara Enim Lubuklinggau Kemungkinan Dimulai Tahun 2024, Ini Desa di Musi Rawas yang Terdampak

BACA JUGA:Inilah Satu- Satunya Jalan Tol Gratis di Indonesia, Menghubungkan Lokasi Pariwisata Nasional

“#SobatWIKA ada kabar nih dari Jalan Tol Pekanbaru – Padang pada seksi Bangkinang-Pangkalan secara keseluruhan progressnya telah mencapai 83,24%,” ungkap WIKA di akun Instagramnya.

Terakhir Tol Sigli - Banda Aceh Seksi 1 yang pekerjaan fisiknya sudah mencapai 63 persen. 

Di mana nantinya segmen ini akan tersambung dengan seksi 2, 3, 4 yang sudah lebih dulu beroperasi.

 

"Kami yakin target Tol Sibanceh tersambung penuh akhir tahun ini akan tercapai," kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Helson Siagian dalam keterangan resmi, dikutip Jumat.

 

 

Kategori :