Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Asam Urat

Jumat 04-10-2024,13:49 WIB
Reporter : Opan
Editor : Dodi

HARIANMUBA.COM - Asam urat merupakan salah satu penyakit atau kondisi medis yang umum terjadi pada orang-orang lanjut usia.

Namun, belakangan ini semakin banyak anak muda yang justru telah mengalami masalah serupa.

Berdasarkan hal tersebut tentunya menjadi bukti bahwa penyakit asam urat tidak hanya rentan terjadi pada orang tua tetapi juga anak muda.

Biasanya kondisi ini bisa terjadi karena gaya hidup yang tidak seimbang.

BACA JUGA:Mobil Pajero Selalu Jadi Kendaraan Favorit Orang Kelas Atas, Temukan 5 Alasannya

BACA JUGA:Lucianty Fokus pada Pengabdian, Bukan Kepentingan Pribadi di Pilkada Muba 2024

Terutama banyak generasi muda memiliki gaya hidup yang tidak teratur sehingga faktor utama mereka terkena kondisi tersebut sebagian besar karena gaya hidup. Sebagai informasi, penyakit asam urat dikenal juga dengan nama gout.

Melansir dari situs resmi Kemenkes, asam urat merupakan salah satu jenis radang sendi yang dapat terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisinya dapat terjadi di bagian tubuh mana pun seperti pergelangan kaki, jari kaki, lutut, atau jempol kaki.

Seseorang yang mengalami asam urat biasanya merasakan gejala nyeri yang tidak tertahankan. Mereka juga sering kali merasakan adanya pembengkakan dan rasa panas di area persendiannya.

Penyakit ini umum terjadi dan menyerang para pria terutama di usia yang telah menginjak di atas 30 tahun. Sementara itu, pada wanita penyakit ini bisa muncul setelah wanita terkena menopause.

BACA JUGA:Santri Ditemukan Meninggal Tergantung di Pasar Megang Sakti MURA, Tinggalkan Surat Untuk Orang Tua

BACA JUGA:Kabut Embun Selimuti Wilayah Sanga Desa, Jarak Pandang Terbatas

Namun, tidak jarang banyak anak muda bahkan sudah terkena penyakit asam urat tersebut. Terutama anak muda di usia 20an juga sudah mulai ada yang terkena penyakit tersebut karena sejumlah faktor-faktor tertentu.

Penyebab Asam Urat

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi asam urat secara alami penting untuk memperhatikan apa yang menjadi penyebab penyakit tersebut. Diketahui, asam urat merupakan senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurai purin.

Kategori :