Inilah Tanda-Tanda dan Dampak Anak-Anak Kurang Kasih Sayang Orang Tua

Senin 14-10-2024,15:40 WIB
Reporter : Opan
Editor : Dodi

BACA JUGA:Waspada Makan Mie Campur Nasi Bisa Memicu Peningkatan Berat Badan

Anak-anak akan bergantung pada orang tua dan pengasuhnya untuk mengetahui siapa diri mereka. Jika Bunda dan Ayah tidak menunjukkan kasih sayang yang tulus, hal ini akan berpengaruh pada harga diri anak.

"Anak-anak bergantung pada orang tua dan pengasuh mereka untuk mengetahui siapa diri mereka, orang tua yang tidak menunjukkan kasih sayang yang tulus dan tanpa syarat kepada anak-anak mereka cenderung menimbulkan kerugian jangka panjang pada harga diri anak-anak mereka," ujar Carla Marie Manly, PhD, psikolog klinis dari Santa Rosa.

3. Memilih teman dan pasangan yang toxic

Anak-anak yang tumbuh di lingkungan yang toxic tentu akan menerima kondisi ini sebagai hal yang 'normal'. Mereka mencoba merasionalkan hal-hal yang tidak rasional dan mencatat perasaan tersebut sebagai perasaan yang nyaman.

BACA JUGA:Kandungan Nutrisi dan Khasiat Buah Semangka Menurut Penelitian

BACA JUGA:Saat Melaju di Jalintim, Satu Keluarga Nyaris Tertimpa Tiang Listrik, Begini Kronologisnya

Ketika ini terjadi, anak pun tidak menyadari bahwa mereka mendambakan hubungan yang familiar pada masa kanak-kanaknya. Tanpa disadari, mereka pun memilih teman dan pasangan yang dirasa 'sehat' namun sebaliknya.

"Tanpa sadar anak akan memilih teman dan pasangan yang tampaknya sehat, tetapi pada akhirnya melanggengkan pola-pola negatif yang disaksikan dan dialami di masa kanak-kanak," ujar Manly.

4. Selalu merasa takut akan kegagalan

Menurut Manly, ketakutan akan kegagalan bisa berasal dari kurangnya kasih sayang yang diberikan orang tua. Ketika orang tua hanya memberikan kritik, mereka akan tumbuh dengan perasaan tidak aman.

BACA JUGA:Gas Beracun Renggut Nyawa Pekerja, Pemilik Sumur Minyak Ilegal Terancam 6 Tahun Penjara

BACA JUGA:5 Kendaraan Terlibat Tabrakan Beruntun di Jalintim Banyuasin, Ini Penyebabnya

"Rasa takut akan kegagalan bisa merusak kemampuan anak dan orang dewasa untuk mengambil risiko yang sehat dan mengembangkan diri secara pribadi dan profesional," ujarnya.

5. Mengalami masalah kesehatan mental

Kondisi kesehatan mental juga mungkin terjadi akibat anak tumbuh tanpa kasih sayang dari kedua orang tuanya. Penelitian menunjukkan bahwa pengabaian atau pelecehan emosional terhadap anak bisa berdampak jangka panjang pada kesehatan mental.

Kategori :