Hp Lemot Karena Memori Penuh? Atasi Dengan Langkah-langkah Berikut Ini

Jumat 18-10-2024,16:39 WIB
Reporter : Opan
Editor : Dodi

Android memiliki tool untuk membantu pengguna menjaga memori HP dari file tak penting. Anda bisa menemukan fitur ini di aplikasi 'Files'. Setelah membuka aplikasi, klik 'Clean' pada sisi bawah.

Aplikasi akan memberikan rekomendasi file untuk dihapus yang bisa mengosongkan kapasitas memori.

Gunakan Penyimpanan Tambahan

Google Photos sebagai layanan cloud bisa dimanfaatkan untuk menyimpan foto dan video, sehingga tidak memakan memori perangkat. Selain Google Photos, penyimpanan file juga bisa melalui layanan cloud lain seperti Amazon Drive, Autosync, Dropbox, Nextcloud, dan Tresorit.BACA JUGA:Pemkab Muba Siapkan Peringatan HSN dan Evaluasi Program Sarjana Bina Desa

BACA JUGA:Curah Hujan Tinggi, Air Sungai Musi Kembali Pasang

Jika tetap ingin semua file disimpan di perangkat tanpa harus langganan layanan cloud, Anda bisa membeli kartu memori eksternal untuk menambah kapasitas.

Rekam Video Resolusi Rendah

Banyak ponsel saat ini yang mendukung perekaman video resolusi tinggi seperti 4k bahkan 8k. File yang dihasilkan akan sangat besar. Untuk itu, sebaiknya menggunakan penyetelan resolusi rendah, apalagi jika video yang direkam hanya untuk diunggah ke media sosial atau dikirim ke chat.

Bersihkan Cache

Cache pada aplikasi bertujuan untuk memberikan proses yang lebih depat dan pengalaman yang lebih smooth saat menjajal aplikasi. Namun, kemudahan itu berdampak pada memori yang tersedot. Anda bisa menghapus cache pada aplikasi dengan cara ini:

BACA JUGA:Dua Rumah Warga Karang Ringin II Terbakar, Ini Dugaan Penyebabnya

BACA JUGA:Cara Praktis Meredakan Kecemasan dalam Hitungan Menit

• Buka 'Settings'

• Buka 'Apps'

• Tekan 'See all'

• Pilih sebuah aplikasi dan tekan 'Storage and cache'

Kategori :