Ini Manfaat Jengkol dan Bahayanya Jika Dikonsumsi Berlebihan

Minggu 27-10-2024,18:45 WIB
Reporter : Opan
Editor : Dodi

Manfaat jengkol muda untuk kesehatan tubuh adalah dapat memelihara kesehatan tulang. Jengkol termasuk makanan tinggi sumber kalsium dan fosfor, kandungan yang sangat dibutuhkan untuk menjaga tulang.

BACA JUGA:Transformasi Mitsubishi Pajero Sport Lebih Gagah dan Canggih

Adanya kandungan tersebut berfungsi untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegah penyakit osteoporosis. Selain itu, manfaat lain dari makan jengkol adalah membantu pembentukan tulang dan mencegah risiko patah tulang pada usia lanjut.

5. Mencegah Anemia

Manfaat jengkol untuk pria dan wanita adalah dapat mencegah anemia. Kandungan zat besi yang tinggi dalam jengkol dapat membantu mencegah anemia defisiensi besi.

Kondisi ini terjadi akibat tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Selain itu, khasiat jengkol juga dapat membantu menaikkan kadar hemoglobin dan meningkatkan produksi sel darah merah.

BACA JUGA:BRI Borong Tiga Penghargaan Bergengsi, Sunarso Sabet Best CEO

6. Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh

Bagi Anda yang sering merasa tidak fit, mengonsumsi jengkol ternyata mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Adanya kandungan vitamin C dalam jengkol berfungsi sebagai antioksidan dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat lain adanya kandungan vitamin C dapat menaikkan produksi sel darah putih yang penting dalam melawan berbagai penyakit atau infeksi.

7. Menghindari Risiko Penyakit Jantung

Manfaat makan jengkol untuk kesehatan yang terakhir adalah dapat menghindari dari risiko penyakit jantung. Dalam jengkol terdapat kandungan antioksidan seperti, flavonoid dan polifenol berfungsi untuk menurunkan penyakit kardiosvaskular, termasuk penyakit jantung.

BACA JUGA:Kualitas Pelaksanaan BRI Liga 1 Indonesia Semakin Membaik

Selain itu, kandungan ini juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik, yang penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Efek Samping Jengkol

Walaupun jengkol memiliki berbagai manfaat sehat untuk tubuh, tetapi ada beberapa zat yang dapat membahayakan kesehatan jika mengonsumsi terlalu banyak.

Kategori :