Mahasiswi Ini Lakukan Penelitian Kinerja Guru, Selama Pembelajaran Daring
![Mahasiswi Ini Lakukan Penelitian Kinerja Guru, Selama Pembelajaran Daring](https://harianmuba.disway.id/upload/2022/01/IMG-20220130-WA0020.jpg)
SANGA DESA Pandemi Covid 19 yang melanda dunia termasuk Indonesia sejak 2019 hingga sekarang membuat dunia pendidikan mengalami perubahan cukup signifikan Pembelajaran yang selama ini dilaksanakan secara langsung atau tatap muka seketika berubah menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring Interaksi antara guru dan siswa kemudian dilaksanakan melalui pertemuan atau penugasan melalui beragam aplikasi seperti Edmodo Zoom Meeting ataupun WhatsApp Perubahan mekanisme pembelajaran yang cukup cepat ini ternyata berdampak kepada kualitas dan kuantitas kinerja guru di sekolah sekolah Hal ini lah yang kemudian menarik perhatian dari salah satu Mahasiswi Pendidikan Biologi Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Palembang bernama Laras Sukma S Pd untuk meneliti mengenai kinerja guru di salah satu sekolah yang ada di Kecamatan Sanga Desa tepatnya di SMA Negeri 1 Sanga Desa Mahasiswi yang berdomisili di Dusun II Desa Terusan Kecamatan Sanga Desa ini melaksanakan penelitian selama kurang lebih 39 hari sejak tanggal 26 Oktober hingga 3 Desember 2021 lalu Ia melakukan pengumpulan data ketika melaksanakan Praktik Kerja Lapangan PKL dengan metode wawancara langsung serta pengisian angket kepada para guru di SMA Negeri 1 Sanga Desa Dari hasil penelitiannya didapatkan bahwa kinerja guru pada saat pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Sanga Desa ini sudah terbilang cukup baik Hal ini dapat dilihat pada kualitas kerja guru yang telah menyusun rencana pembelajaran sesuai kemampuan yang dimiliki siswa meskipun kegiatan pembelajaran pada tahun 2019 hingga awal 2021 menggunakan pembelajaran daring hal ini tentu saja sama seperti pembelajaran tatap muka sebelum tahun 2019 ungkap Laras saat dibincangi Sabtu 29 1 2022 kemarin Kemudian menurutnya jika dilihat dari kuantitas terdapat beberapa orang guru yang melakukan inovasi dalam pembelajaran Beberapa guru melakukan inovasi dengan membuat video pembelajaran sendiri Lalu ada juga kegiatan praktikum sederhana yang masih tetap dilakukan oleh guru mata pelajaran IPA seperti Biologi dan Kimia dengan menggunakan alat serta bahan yang mudah ditemui siswa dirumah Sehingga siswa masih tetap bisa melakukan kegiatan praktikum dan mengasah kreativitasnya di rumah meskipun pembelajaran dilaksanakan secara daring imbuhnya Lebih lanjut Mahasiswi dengan NIM 93220004 juga menjelaskan bahwa pembelajaran dengan metode online atau daring juga memberikan beberapa kendala bagi guru khususnya guru guru senior yang kesulitan dalam menggunakan aplikasi pembelajaran online seperti Edmodo dan Zoom Meeting Hal ini kemudian mengharuskan guru guru tersebut berusaha lebih giat lagi dalam melakukan selama proses pembelajaran daring Selain itu ketepatan waktu selama pembelajaran daring tidak terlalu baik bahkan memberikan jam tambahan bagi guru untuk mengajar siswa Ketidaktepatan waktu ini juga berpengaruh terhadap kedisiplinan guru saat mengatur ketepatan waktu pada saat tatap muka terbatas katanya Meskipun demikian menurut Laras hal ini tidak meredupkan kemandirian guru dalam menghadapi pembelajaran daring Guru guru di SMA Negeri 1 Sanga Desa tetap berusaha memberikan inovasi baik selama proses pembelajaran daring berlangsung maupun kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas yang mulai dilakukan kembali ujarnya Hasil penelitian mengenai kinerja guru di SMA Negeri 1 Sanga Desa ini kemudian disusun secara lengkap dalam sebuah jurnal yang diberi judul Analisis Kinerja Guru Saat Pembelajaran Daring di SMA Negeri 1 Sanga Desa ren
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: