Di Kecamatan Lais, Hama Tikus Mulai Gerogoti Padi

Di Kecamatan Lais,  Hama Tikus Mulai  Gerogoti Padi

HAMA TIKUS, Padi milik petani digerogoti hama tikus (Foto Paidol)--

LAIS – Hama tikus menjadi momok besar bagi petani yang berada di Desa Epil Kecamatan Lais. Itu disebabkan hewan tersebut menggerogoti padi yang sudah muncul.

Salah satu petani di Desa Epil, Lutfi, mengatakan, memang saat ini rata – rata padi sudah mulai berbuah. Artinya petani seperti dirinya tidak lama lagi akan panen. “Rata – rata petani yang dekat dengan ladang kam, i sudah mulai  berbuah,”katanya 

Kondisi sekarang petani merasa gelisah dan panic, disebabkan munculnya hama tikus yang terus menggerogoti buah padi sudah mulai muncul. 

“Ya, sangat merasa gelisah karena banyak sekali tikus yang menggerogoti buah padi.Artinya, ancaman hama tersebut bisa menyebabkan petani gagal panen. Misalnya saja di Desa Bailangu petani dengan ladang sekitar satu hektare hanya dapat dua karung padi saja” jelasnya.

Ia mengharapkan, pemerintah daerah melalui dinas terkait agar mencarikan solusi petani – petani agar hama tikus bisa dibasmi. Sehingga, tidak menganggu perkembangan buah padi.

“Kita harapkan agar ada solusi sebelum petani benar – benar gagal panen. Setidaknya, ada pembasmi hama tikus tersebut,”harapnya.

Senada yang disampaikan petani lain, Alam, mengharapka agar pemerintah memberikan solusi kepada petani yang juga sama mengeluhkan hama tikus. “Semoga bisa dicarikan solusinya,”ungkapnya. (pai)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: