Berbungga dengan Lebatnya, Mudah-mudahan “Banjir” Buah Durian

Berbungga dengan Lebatnya, Mudah-mudahan  “Banjir” Buah Durian

Salah satu pohon durian di Desa Ngulak Kecamatan Sanga Desa (Foto Reno)--

SANGA DESA, HARIANMUBA.CO,M, - Tak akan lama lagi tampaknya Kecamatan SANGA DESA akan mengalami ‘Musim Raya’ Durian. Pasalnya hampir mayoritas pohon buah Durian di kebun-kebun warga saat ini tengah berbunga dengan lebatnya.

Wargapun sangat berharap bunga-bunga durian saat ini dapat berubah menjadi buah, hal ini dikarenakan sudah 2 tahun ke belakang pohon durian milik mereka tidak berbuah secara maksimal. 

“Alhamdulillah tahun ini Dian (durian, red) kembali berbunga lebat. Berdoa saja supaya bunga ini bisa melekat jadi buah, soalnya sudah 2 tahun ini durian di daerah kita ini tidak berbuah lebat,” ungkap Beni (36) salah satu warga kelurahan Ngulak I

Menurutnya,  jika kondisi cuaca bagus hampir bisa dipastikan beberapa bulan lagi kecamatan Sanga Desa akan kebanjiran buah durian.  

“Kalau cuaca bagus, dan hujan disertai angin tidak sering turun mungkin bunga-bunga durian saat ini bisa melekat jadi buah. Tapi kalau hujan terus seperti beberapa hari ini bisa-bisa bunga yang ada rontok semua karena di terpa angin dan hujan,” tambahnya. 

Terpisah Narpis (47) warga kelurahan Ngulak yang juga memiliki beberapa pohon durian di kebunnya mengungkapkan hal senada. 

 “Bersyukur, tahun ini tampaknya bisa kembali merasakan buah durian dari pohon milik sendiri lagi. Soalnya sudah dua tahun ini tidak bisa mencicipi durian dari pohon sendiri karena tidak berbuah. Berharap saja agar bunga-bunga yang ada saat ini bisa menjadi buah semua,” ujarnya. 

Menurutnya selain bisa merasakan buah durian milik sendiri, dirinya juga bisa memperoleh pemasukan tambahan dari menjual buah durian kalau pohon durian miliknya berbuah. 

 “Kalau berbuah lumayan juga bisa dapat uang tambahan dari jual durian dan jual tempoyak. Tapi kalau semua durian berbuah, dan buah durian banjir harga durian bisa jatuh. Paling-paling kalau memang jadi berbuah lebat, nanti saya akan bawa keluar daerah seperti ke kota Palembang untuk menjualnya,” tutupnya. (ren)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: