4 Kasus Pembunuhan dan 9 Kasus Penipuan Berhasil Diungkap

4 Kasus Pembunuhan dan 9 Kasus Penipuan  Berhasil Diungkap

Kapolres Muba AKBP Siswandi SIK SH MH (Foto Boim)--

SEKAYU, HARIANMUBA.COM, - Sepanjang tahun 2022 Polres Musi Banyuasin (Muba) Polda Sumatera Selatan menyelesaikan sebanyak 629 tindak pidana dari 762 kasus.

Dari jumlah itu, kasus tindak pidana di wilayah hukum Polres Muba mengalami peningkatan jika dibandingkan pada tahun 2021 lalu, yakni sebanyak 611 kasus dengan penyelesaian sebanyak 471 kasus. 

"Nah pada tahun ini (2022) ada 13 kasus menonjol atau atensi yang berhasil diungkap yakni 4 kasus pembunuhan dan 9 kasus penipuan," ujar Kapolres Muba AKBP Siswandi saat menggelar rilis akhir tahun 2022,di Aula Alex Noerdin

Sedangkan kasus ilegal drilling dan Migas, sambung Siswandi, sepanjang 2022 sebanyak 15 kasus berhasil diselesaikan. "Untuk kasus tindak pidana korupsi, tahun ini hanya satu yang diselesaikan," jelas nya.

Adapun kasus yang menonjol sepanjang 2022, diantaranya kasus penipuan berkedok arisan online atas nama tersangka Minarsih (29) warga Kecamatan Babat Supat, Kabupaten Musi Banyuasin.

Tersangka Minarsih berhasil menipu ratusan korban dengan jumlah kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Kemudian kasus pembunuhan terhadap korban Reli Sepriadi (38) warga Kelurahan Soak Baru, Kecamatan Sekayu, Sabtu (23/3/2022).

Korban Reli dibunuh oleh komplotan pembunuh bayaran berjumlah sembilan orang yakni Efran, Erik Pratama, Juliansyah, Jhoni Kusmoyo, Afriadi, Firmansyah, Alpino, Boby Laniastra dan Taemizi Yulius.

Para pembunuh bayaran itu memiliki peran masing-masing, mulai dari menjemput korban dari rumah, mengantar ke lokasi pembunuhan, hingga peran melakukan eksekusi terhadap korban.

Sedangkan untuk kasus laka lantas pada tahun 2021 mengalami peningkatan sejumlah 123 kasus dan untuk tahun 2022 menjadi 174 kasus.

Sementara itu untuk narkoba sebanyak 115 kasus, dengan mengamankan barang bukti narkoba jenis sabu sebanyak 5.100,17 gram, Extacy 51 butir dan ganja 105.000 gram.

Tidak hanya itu Siswandi juga menyampaikan beberapa kegiatan dalam penanganan covid 19 dalam upaya percepatan vaksinasi bagi masyarakat yang dilakukan oleh polres Muba bersama instansi terkait yang disertai kegiatan bakti sosial untuk masyarakat.

Selanjutnya, untuk capaian Polres sendiri, Perwira berpangkat dua melati tersebut menjelaskan bahwa Polres telah banyak melakukan inovasi sehingga mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak.

“Yang kesemuanya itu tidak lepas dari peran serta  dari seluruh elemen masyarakat dan yang takkala penting peran media,” ujarnya. (boi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: