Asal Usul Nama Sungai Musi, Ternyata Nama Dewi Keberuntungan Cina

Asal Usul Nama Sungai Musi, Ternyata Nama Dewi Keberuntungan Cina

Perairan Sungai Musi sumber duniapendidikan.co.id--

PALEMBANG, HARIANMUBA.COM - Sungai Musi merupakan Sungai terpanjang di Provinsi Sumatera Selatan, dan telah menjadi bagian tersendiri dari masyarakat.

 

Namun, banyak yang belum mengetahui nama Sungai Musi berasal darimana. Salahsatu asal usul nama Sungai Musi yang terkenal adalah mengenai kisah Bajak Laut dari Cina yang memberikan nama Sungai ini dengan sebutan Mu Ci.

 

Dahulu, ada bajak laut yang berasal dari Cina, sedang berlayar di wilayah Sungai Musi. Karena tertarik, bajak laut tersebut mulai mencari informasi tentang sungai tersebut. Namun, informasi tersebut tak kunjung didapatkan. 

 

Disisi lain, bajak laut tersebut melihat banyak perahu dan tongkang membawa muatan hasil bumi seperti sayur-sayuran, rempah hingga buah-buahan segar. 

BACA JUGA:6 Fakta Menarik tentang Senjang yang Harus Kamu Tahu

 

Hal itu membuatnya semakin tertarik dengan Sungai Musi. Lalu, bajak laut tersebut memutuskan untuk tinggal di Palembang. 

 

Setelah lama bermukim, bajak laut kembali mencari informasi Sungai Musi melalui peta yang dia bawa sebelumnya.

 

Lama mencari dan tak ditemukan dari peta, akhirnya bajak laut mulai menandai dan memberikan nama sungai tersebut dari bahasa tua Cina yakni, Mu Ci yang berarti ayam betina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: