Kamu Harus Tahu! Berikut Jenis-jenis Peninggalan Zaman Megalitikum di Lahat

Kamu Harus Tahu! Berikut Jenis-jenis Peninggalan Zaman Megalitikum di Lahat

Kubur batu lahat sumber: lahatpos.co--

LAHAT, HARIANMUBA.COMKabupaten Lahat selain terkenal dengan keindahan alamnya, juga terkenal karena banyaknya peninggalan zaman megalitikum.

 

Namun banyak orang yang belum mengetahui apa saja jenis dan nama peninggalan megalitikum di Kabupaten Lahat. Berikut harianmuba.com sudah merangkum jenis peninggalan megalitikum di Lahat seperti dilansir dari lahatpos.co.

 

Jenis megalit di Kabupaten Lahat terdiri dari menhir, dolmen, batu datar, lesung batu, lumpang batu, batu berundak, tetralith, bilik batu/kubur batu, dan acar batu manusia maupun binatang.

 

Jenis jenis megalit ini tersebar di kecamatan kecamatan dalam Kabupaten Lahat dan memiliki keunikan dan nilai nilai sejarah tersendiri.

BACA JUGA:Artis-artis Cantik Ini Rupanya Berdarah Palembang, Siapa Saja Mereka?

1. Menhir

 

Menhir adalah batu tunggal (monolith) yang berdiri tegak di atas tanah. Istilah menhir diambil dari Bahasa Keltik dari katan men (batu) dan hir (panjang).

 

Menhir pada hakikatnya sarana pemujaan arwah nenek moyang berfungsi sebagai tanda penguburan, simbol duka, simbol leluhur, tiang tambatan hewan kurban, batas daerah sakral, atau sebagai sarana untuk memutuskan hal hal yang berhubungan dengan hukuman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: