Wow! Biaya Pembangunan 1 Kilometer Tol Betung - Tempino Setara Dana Desa Satu Kabupaten, Segini Nominalnya...

Wow! Biaya Pembangunan 1 Kilometer Tol Betung - Tempino Setara Dana Desa Satu Kabupaten, Segini Nominalnya...

Ruas tol Bengkulu Taba sumber : sumeks.co--

PALEMBANG, HARIANMUBA.COM - Pemerintah Republik Indonesia memprioritaskan pembangunan jalan tol dari Betung Kabupaten Banyuasin, Sumsel sampai ke Tempino, Provinsi Jambi.

 

Pembangunan Jalan tol yang direncanakan sepanjang 191 Km itu mulai dikerjakan pada tahun 2023, dan akan dilaksanakan oleh PT Hutama Karya. Dengan investasi sebesar Rp 45,177 Triliun.

 

Dengan modal sebesar itu artinya biaya pembangunan 1 kilometer tol Betung - Tempino jika dikalkulasikan sebesar Rp 236,5 miliar.

 

Jumlah ini nyaris setara dengan Anggaran Dana Desa untuk 227 Desa yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin dalam satu tahun. Hal itu jika diasumsikan kalau rata-rata Anggaran Dana Desa per tahunnya adalah 1 - 1,5 miliar rupiah.

BACA JUGA:Baznas Diharapkan Mampu Membangun Sinergitas, Terutama dengan Ini

Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoadmodjo menerangkan bahwa jalur tol Betung (Sp Sekayu) sampai ke Tempino, Jambi masuk dalam prioritas untuk dibangun. Dikarenakan jalur tol ini merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera.

 

“Secara keseluruhan pembangunan jalan tol dari Lampung hingga Jambi ditargetkan selesai pada 2024 mendatang,” terang Kartika Wirjoadmojo.

 

Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto menerangkan pembangunan jalan tol Betung hingga Jambi akan segera dimulai. Pernyataan tersebut diungkakan Budi Harto saat rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI pada 16 November 2022 lalu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: