Peringati Hari Kanker Sedunia, TP PKK Babat Supat Musi Banyuasin Gelar IVA Test Gratis

Peringati Hari Kanker Sedunia, TP PKK Babat Supat Musi Banyuasin Gelar IVA Test Gratis

Penyerahan bingkisan dari PJ Ketua TP PKK Muba kepada peserta IVA Test yang digelar TP PKK Kecamatan Babat Supat--

BABAT SUPAT,HARIANMUBA.COM,- Memperingati hari kanker sedunia, TP PKK Kecamatan Babat Supat menggelar kegiatan IVA test.

Kegiatan ini berlangsung Kamis 2 Februari 2023 di halaman kantor Kecamatan Sungai Lilin.

Acara IVA Test ini di buka dan dihadiri langsung kegiatan ini PJ Ketua TP PKK Kabupaten Musi Banyuasin Hj Asna Aini Apriyadi.

Dalam kegiatan ini juga melibatkan petugas kesehatan dari Puskesmas Sungai Lilin dan Tanjung Kerang.

BACA JUGA:Orangtua Sebar Berita Bohong, Ngaku Anaknya Diculik, Padahal...

Ketua TP PKK Kecamatan Babat Supat, Septiana Puji Lestari SE dalam sambutan nya menjelaskan kegiatan kali ini mengambil tema TP PKK sehat melalui pemeriksaan IVA test bersama dan pelayanan KB gratis.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini merupakan gerbang awal bagi para kader dan anggota PKK baik di tingkat Desa maupun tingkat kecamatan agar kami lebih mawas diri terhadap penyakit kanker serviks atau penyakit kanker leher rahim," jelas ketua TP PKK Kecamatan Babat Supat.

"Karena ternyata Bu kanker serviks ini menempati peringkat kedua jenis kanker yang paling banyak dialami oleh perempuan di tanah air," jelasnya.

Ketua TP PKK Kecamatan Babat Supat mengungkapkan saat ini tercatat 40 ribu kasus kanker serviks setiap tahunnya yang menyerang perempuan di Indonesia.

BACA JUGA:Musi Banyuasin Diprediksi Hujan, Prakiraan Cuaca Sumatera Selatan Hari Ini 2 Februari 2023

Menurutnya penyebab utama tentunya minimnya kesadaran akan bahaya penyakit yang satu ini apalagi pada setiap stadium awal biasanya tidak menimbulkan gejala.

"Padahal kanker serviks merupakan satu-satunya kanker yang dapat dicegah dan didiagnosis sejak dini salah satunya melalui pemeriksaan IVA test," paparnya.

Atas dasar inilah, Septiana mengungkapkan menjadi dasar TP PKK Kecamatan Babat Supat menganggap pentingnya pelaksanaan IVA Test.

"Jika diagnosis lebih awal maka tingkat penyembuhannya tentu akan lebih tinggi," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: