Kenal Lebih Dekat Dengan Ratu Shima, Gadis Cantik Penguasa Pulau Jawa yang Lahir di Musi Banyuasin

Kenal Lebih Dekat Dengan Ratu Shima, Gadis Cantik Penguasa Pulau Jawa yang Lahir di Musi Banyuasin

Ilustrasi Ratu Shima--Merdeka.com

MUSI BANYUASIN, HARIANMUBA.COM - Siapa sangka daerah yang kini dikenal sebagai Kabupaten MUSI BANYUASIN ternyata pernah melahirkan seorang Ratu yang menjadi penguasa dan berperan penting dalam sejarah tanah jawa.

 

Namanya adalah Shima seorang ratu penguasa Kerajaan Kalingga yang terletak di pantai utara Jawa Tengah sekitar tahun 674 M.

 

Dikutip dari berbagai sumber, Ratu Shima diketahui lahir tahun 611 M di sekitar daerah yang sekarang disebut Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan dan istri Raja Kartikeyasinga yang menjadi raja Kalingga (648 - 674) M. 

 

Ketika suaminya, Raja Kartikeyasinga meninggal, Sang Ratu naik tahta Kerajaan Kalingga dengan gelar Sri Maharani Mahissasuramardini Satyaputikeswara.

BACA JUGA:Dinilai Berhasil, Pengelolaan Keuangan Desa di Muba Jadi Percontohan

Ratu Sima Kalingga adalah tokoh sejarah yang hidup pada masa Kerajaan Kalingga di Jawa Tengah pada abad ke-6 Masehi.

 

Meskipun sumber-sumber sejarah tentang kehidupannya terbatas, berikut adalah beberapa fakta tentang Ratu Sima Kalingga yang dapat saya berikan:

 

1. Ratu Sima Kalingga adalah seorang ratu yang memimpin Kerajaan Kalingga pada abad ke-6 Masehi. Ia diyakini merupakan cucu dari pendiri Kerajaan Kalingga, yaitu Dewi Chandra Kirana.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: