Pembelian BBM Subsidi Gunakan QR Code Masih Bisa 'Dibobol' Oknum, Ini Sejumlah Peristiwa Yang Pernah Terungkap

Pembelian BBM Subsidi Gunakan QR Code Masih Bisa 'Dibobol' Oknum, Ini Sejumlah Peristiwa Yang Pernah Terungkap

Barkode BBM Bersubsidi yang diamankan Jajaran Polres Muba. Foto:Boim--

HARIANMUBA.COM,- Pembelian BBM Subsidi Gunakan QR Code Masih Bisa Dibobol, Berikut Beberapa Peristiwa Yang Pernah Terungkap di Sumsel.

Pertamina terus berusaha agar penyaluran BBM bersubsidi bisa lebih tepat sasaran.

Terbaru salah satu upaya Pertamina adalah mewajibkan pembelian BBM bersubsidi menggunakan QR code.

Diprovinsi Sumatera Selatan ini sistem pembelian BBM Bersubsidi menggunakan QR code sudah berlaku diseluruh wilayah khususnya untuk pembelian BBM jenis Solar.

BACA JUGA:Museum Populer di Indonesia, Memanfaatkan Liburan Sambil Belajar

BACA JUGA:Ingatkan KPM Harus Ganti PIN dan ATM Dipegang Sendiri

Namun belakangan ini upaya ini masih bisa dibobol oleh oknum, terbukti dari beberapa kejadian yang berhasil diungkap pihak kepolisian.

Berikut ini harianmuba.com merangkum beberapa kejadian pembobolan pembelian pembelian BBM menggunakan QR Code dilansir dari Sumateraekpres.id dan Sumeks.co

Peristiwa pertama terjadi di Kota Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin 

Satuan Reskrim Unit Pidana Khusus (Pidsus) Polres Musi Banyuasin, Rabu 21 Juni 2023 mengamankan Bahan Bakar Minyak (BBM) Subsidi Jenis Solar sebanyak 6000 liter atau 6 ton.

BACA JUGA:ingkatkan Kepedulian Terhadap Lingkungan, Forkopimcam Lais Gelar Gotong Royong

BACA JUGA:Tidak Tebang Pilih, 5 Anggota Polisi di Lubuk Linggau Ikut Terjaring Operasi Patuh Musi 2023, Ini Kesalahannya

Kapolres Musi Banyuasin, AKBP Siswandi SIK SH MH, didampingi Kasat Reskrim AKP Morris Widhi Harto SH, menjelaskan modus tiga tersangka melakukan pengisian BBM Subsidi jenis solar di SPBU wilayah Sekayu, dengan menggunakan Barcode My Pertamina dengan mengganti plat mobil. 

"Tersangka dapat dengan leluasa melakukan pembelian BBM Subsidi jenis Solar di SPBU dengan menggunakan 16 Barcode, dan 6 plat mobil. Saat pengisian jedah waktu jam sekali," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: