Kemenag Muba Gelar Sosialisasi dan Launching Kampung Moderasi Binaan Penyuluh Agama

Kemenag Muba Gelar Sosialisasi dan Launching Kampung Moderasi Binaan Penyuluh Agama

Kemenag Musi Banyiasin Mengadakan Sosialisasi bagi Penyuluh Agama Islam (Foto Humas Kemenag Muba)--

HARIANMUBA.COM, – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Musi Banyuasin adakan Sosialisasi dan Launching Kampung Moderasi Binaan Penyuluh Agama Islam.

Kegiatan yang digelar Selasa 18 Juli 2023 bertemakan 'Penguatan Toleransi dalam Keberagaman' tahun 2023.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Musi Banyuasin H. Muhamad Makki, mengatakan, bahwa sosialisasi dihadiri oleh 42 penyuluh dan Kepala KUA se-Kabupaten Musi Banyuasin.

Dijelaskanya, bahwa moderasi beragama sendiri adalah cara hidup untuk rukun, saling menghormati, menjaga dan bertoleransi tanpa harus menimbulkan konflik karena perbedaan yang ada.

BACA JUGA:Mengejutkan, Harga Daging Ayam Di Wilayah Muba Ini Hampir Menyentuh Angka 40 Ribu Perkilo

BACA JUGA:Bupati Askolani Umumkan Kembali Maju di Pilkada Banyuasin, Tetap Berpasangan Dengan H Slamet Somosentono SH

“Moderasi Beragama, merupakan salah satu dari tujuh program prioritas Kementerian Agama, dilahirkan Kementerian Agama, tapi dilaksanakan oleh elemen elemen yang lainnya, dan kewajiban bagi 34 Kementerian yang lainnya untuk melaksanakannya,” jelasnya

Sementara, Kasi PD Pontren Ahmad Yani menyampaikan bahwa Penyuluh dibawah Kemenag Muba harus bisa Memotivasi Penyuluh Agama Islam.

“Yang tujuanya untuk mengingkatkan profesionalitas dalam menjalankan tugas dan fungsinya, menumbuhkan krestifitas dan inovasi Penyuluh Agama Islam dalam pelaksanaan tugas bimbingan atau Penyuluhan Agama dengan cara melebarkan sayap dengan bergabung ke organisasi besar seperti MUI dan lainnya,” katanya

Masih kata Yani, kenapa harus bergabung dengan organisasi islam besar seperti itu, tujuannya agar apa yang dapat disana bisa diserap ilmunya untuk kemudian di sampaikan ke masyarakat.

BACA JUGA:Lima Lokasi Pariwisata di Kabupaten Musi Banyuasin, Dua Diantaranya Muncul Pada Momen Tertentu

BACA JUGA:Pemkab Indramayu Suarakan Peran Penting Perempuan dan Kesetaraan Gender di Hari Kependudukan Dunia 2023

“Karena salah satu tugas penyuluh adalah melaksanakan bimbingan keagamaan. Jangan sampai apa yang kita sebarkan tidak memberi motivasi dan parahnya malah menyimpang dan tidak sesuai ajaran,” tambah Ahmad Yani

Terpisah, H. M. Kholil Azmi Kabid Penaiszawa Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan, mengatakan, penyuluh merupakan ujung tombak Kemenag untuk mensosialisasikan kebijakan kemenag dalam bidang pembangunan keagamaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: