Sudah Pernah Dimekarkan, Wilayah Kabupaten Ini Masih yang Terluas di Sumatera Selatan, Kabupaten Apa?

Sudah Pernah Dimekarkan, Wilayah Kabupaten Ini Masih yang Terluas di Sumatera Selatan, Kabupaten Apa?

Kabupaten Terluas di Sumatera Selatan --

SEKAYU, HARIANMUBA.COM - Beberapa kabupaten di Sumatera Selatan ternyata memiliki wilayah yang sangat luas. Meskipun Banyuasin dan Musi Rawas tidak masuk dalam deretan teratas, terdapat kabupaten lain yang memiliki luas wilayah yang mengagumkan, dan salah satunya berjarak sekitar 72,6 kilometer dari Kota Palembang.

 

Kita akan membahas 6 kabupaten terluas di Sumatera Selatan. Meskipun kabupaten dan kota adalah cakupan wilayah di satu tingkat provinsi, perbedaan mendasar antara keduanya adalah dalam fungsi dan definisi, serta struktur kepemerintahannya.

 

Kota umumnya dipimpin oleh Wali Kota dan memiliki wilayah yang cenderung lebih kecil daripada kabupaten yang dipimpin oleh Bupati. 

 

Meskipun begitu, beberapa kabupaten di Sumatera Selatan memiliki wilayah yang luas, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya.

BACA JUGA:Muba Raih Peringkat 3 Tertinggi Cakupan Skrining Hepatitis pada Ibu Hamil

1. Ogan Komering Ilir (OKI)

 

Kabupaten Ogan Komering Ilir salah satu kota paling luas yang ada di Sumatera Selatan yang berlokasi di Komering dengan Ibukota Kecamatan Kayu Agung. pada belasan tahun yang lalu OKI lebih luas lagi sebelum terbentuknya Kabupaten Ogan Komering Ilir.

 

Luas dari Kabupaten OKI ini sekitar 18.359.04 kilometer persegi, yang dibagi menjadi 18 kecamatan dengan luas tersebut Kabupaten OKI berpenduduk sebanyak 772,747 jiwa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: