Jarang Diketahui! Inilah 5 Cerita Legenda Asal-usul Gunung di Indonesia

Jarang Diketahui! Inilah 5 Cerita Legenda Asal-usul Gunung di Indonesia

Gunung Bromo Tengger--Traveloka

Sangkuriang tanpa sadar jatuh cinta pada ibunya sendiri yang awet muda. Ibu tersebut mengajukan syarat berat bagi Sangkuriang untuk menikah dengannya.

 

Sangkuriang hampir berhasil memenuhi syarat tersebut, tetapi ayam berkokok sebelum subuh, sehingga usaha Sangkuriang gagal dan perahu yang dibuatnya menjadi Gunung Tangkuban Perahu.

 

4. Gunung Kelud

Legenda Gunung Kelud berkisar tentang pengkhianatan cinta Dyah Ayu kepada Lembu Surya. Putri raja Brawijaya dari Kerajaan Majapahit mengadakan sayembara untuk mencari suami. 

 

Terpilihlah lembu Surya, tetapi Dyah Ayu tidak puas dengan penampilannya. Dyah Ayu menuntut Lembu Surya untuk menggali sumur di puncak Kelud. 

BACA JUGA:Karena Alasan Ekonomi, Anak di Daerah Muba Ini Tak Sekolah, Melalui Program Anjar Akhirnya Bisa Sekolah Lagi

Saat Lembu Surya sedang menggali sumur, Dyah Ayu memakamkannya bersama dengan sumur yang digali, dan gunung ini meletus sebagai bentuk amarah Lembu Surya.

 

5. Gunung Kaba

Legenda Gunung Kaba di Bengkulu berkisah tentang seorang manusia yang memainkan seruling hingga mempesona seorang bidadari. 

 

Bidadari tersebut ditugaskan menjaga bayi milik Sang Dewi. Namun, karena terlena, bidadari tersebut tidak menjaga bayi dengan baik, sehingga bayi tersebut jatuh ke bumi. Tempat jatuhnya bayi menjadi Gunung Kaba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: