Cerita Legenda 'Antu Banyu', Sosok Mistis Menakutkan di Sungai Musi

Cerita Legenda 'Antu Banyu', Sosok Mistis Menakutkan di Sungai Musi

Aliran sungai musi--

PALEMBANG,HARIANMUBA,- Bagi masyarakat Sumatera Selatan yang tinggal dibantaran Sungai Musi pasti pernah mendengar cerita legenda 'Antu Banyu'.

Masyarakat didaerah Musi Banyuasin yang sebagian besar wilayah di belah Sungai Musi juga ada cerita yang cukup mirip, masyarakat biasa menyebutnya 'Indung Ruguk'.

Sesuai dengan namanya 'Antu Banyu' ini sosok mistik yang cukup menakutkan bagi warga bantaran Sungai Musi.

Kadangkala para orang tua sering mengingatkan anak-anak mereka untuk tidak bermain di Sungai karena bisa ditarik oleh Antu Banyu.

BACA JUGA:Cari Orang Hilang, Polisi Malah Temukan Korban Mutilasi, Diduga Hampir Setahun Disimpan

BACA JUGA:Residivis Narkoba Ngamuk, Bacok Warga dan Kanitres

Konon katanya, apabila seseorang tertangkap oleh Antu ini Bantu maka orang tersebut tidak akan bisa kembali dalam keadaan hidup.

Menurut ceritanya, Antu Banyu akan membawa tubuh si korban hingga ke dasar Sungai Musi, lalu di sana Antu Banyu akan menghisap habis sumsum tulang belakangnya.

Sebagian masyarakat percaya, jasad korban Antu Banyu akan ditemukan dua hari kemudian di tempat awal korban diseret masuk ke air.

Cerita Rakyat Tentang Antu Banyu

Ada dua versi cerita rakyat asal muasal tentang sosok Antu Banyu, yang konon berasal dari kisah putra mahkota kerajaan yang menderita penyakit misterius berupa bau amis yang dideritanya.

BACA JUGA:Proyek Tol Betung - Tempino Diperkirakan Selesai Akhir 2024

BACA JUGA:Cuma 8 Jam dari Sekayu, Ini Tempat Wisata di Lampung Buat Healing Selama Libur Imlek

Sehingga banyak putri raja yang enggan mendekati ataupun menikah dengan dirinya, sampai putra mahkota tersebut dikenal dengan julukan pangeran amis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: