Jalan Tol Lingkar Pekanbaru Ditargetkan Operasional Akhir Tahun 2024, Segera Dilakukan Penandatanganan Kontrak

Jalan Tol Lingkar Pekanbaru Ditargetkan Operasional Akhir Tahun 2024, Segera Dilakukan Penandatanganan Kontrak

Ilustrasi--

Sementara itu Deputi I Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Febry Calvin, menjelaskan progres terkini serta manfaat jalan Tol Lingkar Pekanbaru jika terhubung.

“Saat ini proses pengadaan lahan sedang dilakukan oleh Kementerian ATR/BPN bersama Kementerian PUPR dan pemerintah daerah. Tidak hanya mendukung distribusi logistik, jalan tol ini juga dapat menunjang mobilitas masyarakat,” ujar Febry.

BACA JUGA:Tim Voli Putri Superboy Jud II Tampil Memukau, Tundukan Tim Desa Ngunang 2 - 1

BACA JUGA:Siap Sukseskan Pemilu 2024, Dinkominfo Bersinergi dengan KPU Muba Untuk Sosialisasi

Sebagai informasi, kontraktor pembangunan jalan tol ini akan dilakukan oleh anak usaha Hutama Karya yakni PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI).

Dengan scope pekerjaan meliputi konstruksi galian dan timbunan badan jalan, jembatan, junction Pekanbaru, rest area dan gerbang tol. 

Sementara rencana fasilitas struktur yang nantinya akan melengkapi jalan tol ini diantaranya 3 underpass, 6 overpass, 3 interchange, 3 gerbang tol, dan 1 pasang rest area tipe A.

Pembangunan jalan tol ini nantinya juga akan didukung oleh sejumlah penggunaan digital construction diantaranya Building Information Modelling (BIM).

BACA JUGA:Gebyar Penutupan HUT RI ke-78 Kecamatan Sanga Desa Berlangsung Semarak dan Bertabur Hadiah

BACA JUGA:Empat Tenaga Kesehatan Teladan Muba Raih Juara Nasional, Ini Apresiasi Pj Bupati Apriyadi

Serta Light Detection and Ranging (LiDAR) untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat, mengefisienkan waktu pengerjaan dan hasil yang tepat mutu.

Sementara untuk mengatasi tantangan tanah lunak, dalam pelaksanaan pekerjaan proyek akan menggunakan teknologi Prefabricated Vertical Drain (PVD) dan Preloading pada struktur tanah timbunan dan penggunaan konstruksi Pile Slab diatas tanah lunak dengan kedalaman lebih dari 10 m.

Untuk diketahui, Hutama Karya telah mengoperasikan dua ruas JTTS di Provinsi Riau.

Salah satunya Jalan Tol Ruas Pekanbaru – Bangkinang sepanjang 31 km dengan Data Lalu Lintas Harian (LHR) pada bulan Juli lalu mencapai 5.477.

BACA JUGA:Lengkap! Daftar Nama Calon Sementara DPR RI Dapil Sumsel 1 Dari Seluruh Partai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: