Wajib Diketahui! Segala Hal Tentang BPA yang Digunakan Pada Galon Air, Ini Dampaknya Terhadap Kesehatan

Wajib Diketahui! Segala Hal Tentang BPA yang Digunakan Pada Galon Air, Ini Dampaknya Terhadap Kesehatan

Ilustrasi penggunaan BPA--

BACA JUGA:Polres Muba Ajak Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalulintas

Paparan BPA yang berlebihan dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk gangguan kesuburan, obesitas, diabetes tipe 2, hingga gangguan perkembangan otak pada anak. 

 

Bahkan, risiko kanker seperti kanker kolon, prostat, payudara, dan ovarium juga dikaitkan dengan paparan BPA.

 

Dalam menghadapi risiko tersebut, masyarakat diimbau untuk lebih selektif. Botol minum dan tempat makan dengan label "BPA Free" dianggap solusi terbaik untuk menghindari efek negatif yang mungkin ditimbulkan oleh BPA.

 

Perlu diingat Bisphenol-S (BPS) dan Bisphenol-F (BPF) adalah beberapa pengganti BPA seperti BPS atau BPF masih memerlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan keamanannya.

BACA JUGA:3 Kasus Karhutlah di Muba Masuk Proses Hukum

Mengurangi risiko paparan BPA bisa dimulai dari kebiasaan sehari-hari. Pilihlah produk berlabel "BPA Free," hindari memanaskan wadah plastik, dan pertimbangkan untuk beralih ke kaca atau stainless steel. 

 

Menjauhi konsumsi makanan dan minuman dalam kemasan plastik serta memeriksa kode daur ulang juga bisa menjadi langkah preventif.

 

Meski BPA dapat menimbulkan efek yang serius, penting untuk tidak panik. Paparan dalam jumlah kecil biasanya dianggap aman, tetapi langkah-langkah preventif tetap diperlukan untuk melindungi kesehatan jangka panjang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: