Upaya Lestarikan Cagar Budaya, Pemerintah Rehabilitasi Rumah Adat Betang Lunsa Hilir di Kapuas Hulu

Upaya Lestarikan Cagar Budaya, Pemerintah Rehabilitasi Rumah Adat Betang Lunsa Hilir di Kapuas Hulu

Rumah adat yang direhap--

"Pekerjaan Dapur Komunal, Pekerjaan Penataan Kawasan, dan Pekerjaan Mekanikal Elektrikal," terang Deva.

Deva menambahkan, beberapa perbaikan yang dilakukan pada bangunan tersebut diantaranya rehabilitasi selasar teras di bangunan utama, rehabilitasi sebagian atap di bangunan utama. 

BACA JUGA:Pedagang Buah Jenis Ini Banyak Diburu Pembeli

BACA JUGA:Polres Muba Ajak Pelajar Pelopor Keselamatan Berlalulintas

Juga dilakukan pembangunan bangunan tambahan termasuk dapur komunal. 

"Rehabilitasi menggunakan pembiayaan APBN tahun 2023 sebesar Rp19,1 miliar yang pekerjaannya dimulai sejak April 2023 dan akan selesai sesuai kontrak di akhir November 2023," tambah Deva.

Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mengatakan, Rumah Batang merupakan cagar budaya yang direhabilitasi oleh pemerintah untuk dilestarikan.

"Karena wisatawan lokal maupun mancanegara sering berkunjung kesini, dari sekian banyak cagar budaya di sini yang disentuh baru disini, kita buat yang bagus agar para wisatawan yang datang terasa nyaman," tutur Lasarus. 

BACA JUGA:3 Kasus Karhutlah di Muba Masuk Proses Hukum

BACA JUGA:Pembangunan Tol JORR Elevated Cikunir – Ulujami Akan Segera Dimulai, Jalur Alternatif Menuju Bandara Soetta

Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Ditjen Sumber Daya Air Muhammad Adek Rizaldi, Direktur Pembangunan Jembatan Ditjen Bina Marga Budi Harimawan Semihardjo.

Direktur Kepatuhan Intern Ditjen Perumahan Bisma Staniarto, Kepala BWS Kalimantan Barat Pramono, Kepala BPJN Kalimantan Barat Handiyana.

Kepala BPPW Kalimantan Barat Deva Kurniawan Rahmadi, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Kalimantan I Andy Suganda, dan Kepala BP2JK Kalimantan Barat Martalia Isnaeni. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: