Cara Menanam Anggur dalam Pot dengan Hasil Buah Lebat Tanpa Pupuk Kimia

Cara Menanam Anggur dalam Pot dengan Hasil Buah Lebat Tanpa Pupuk Kimia

Anggur berbuah lebat--

HARIANMUBA.COM - Tanaman anggur adalah tanaman buah yang sering ditanam dan dijaga oleh banyak pecinta kebun. 

Namun, terkadang tanaman anggur bisa malas berbuah, dan untuk mengatasi hal ini tanpa perlu menggunakan pupuk kimia, ada cara alami yang dapat Anda coba. 

Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara menanam anggur dalam pot dengan hasil buah yang lebat:

1. Siapkan pot atau wadah yang cocok untuk menanam anggur. Anda bisa menggunakan gulungan plastik berlobang dengan diameter 40x50 cm atau kawat yang membentuk pot bulat. Pastikan wadah tersebut memiliki lubang drainase.

BACA JUGA:OJK Resmi Cabut Izin Usaha Asuransi Jiwa Prolife Indonesia, Begini Nasib Pemegang Polis

2. Untuk menghindari genangan air dalam pot, Anda dapat menggunakan potongan busa. Potongan busa akan membantu menjaga akar anggur agar tidak mati akibat air tergenang.

3. Campurkan media tanam yang terdiri dari 60% tanah, 30% pupuk organik, dan 10% sabut kelapa. Isi wadah pot dengan campuran media tanam ini.

4. Transplantasikan tanaman anggur ke dalam pot. Pastikan untuk membuka polybag tanaman sebelumnya sebelum menanamnya di pot.

5. Sisir dan bersihkan area di sekitar tanaman anggur dari gulma yang bisa mengganggu pertumbuhannya.

BACA JUGA:Hore! Pertamina Mengumumkan Penurunan Harga BBM Berlaku Mulai 1 November 2023

6. Siapkan batang bambu sebagai penyangga untuk tanaman anggur. Pasang tiga batang bambu dalam wadah pot dan sematkan pada kawat sehingga membentuk lingkaran. Ini akan membantu tanaman anggur merambat dengan baik.

7. Selama proses pertumbuhan, pastikan untuk menyiram tanaman anggur setiap pagi dan sore. Jaga agar tanah tetap lembab, terutama setelah 20 hari menanam ketika daun dan pucuk mulai berkembang.

8. Setelah sekitar 3 bulan menanam, lakukan simulasi bunga pada tanaman anggur. Gunakan kunyit bubuk sebagai katalis alami, campurkannya dengan air, dan siramkan pada batang dan daun anggur. Ini akan membantu tanaman anggur berbunga.

9. Setelah tanaman anggur mulai berbunga, berikan minuman Coca Cola yang telah dicampur dengan air. Siramkan campuran ini pada batang bawah dan daun anggur. Minuman Coca Cola berperan sebagai nutrisi alami untuk mendukung pertumbuhan buah anggur yang lebat dan besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: