Mengenal MLFF, Sistem Pembayaran Tol Tanpa Sentuh, Bakal Segera Diujicoba di Tol Bali

Mengenal MLFF, Sistem Pembayaran Tol Tanpa Sentuh, Bakal Segera Diujicoba di Tol Bali

Pintu Tol Bali Mandara, lokasi ujicoba tol tanpa sentuh--

HARIANMUBA.COM,- Mengenal MLFF, Sistem Pembayaran Tol Tanpa Sentuh, Bakal Segera Diujicoba di Tol Bali.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus berupaya meningkatkan infrastruktur diruas jalan tol.

Melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) tengah melakukan inovasi penerapan teknologi transaksi nirsentuh tanpa kartu di Jalan Tol atau dikenal Multi Lane Free Flow (MLFF). 

Penerapan teknologi tersebut merupakan bentuk inovasi dan transformasi digital di Jalan Tol dengan konsep intelligent toll road system (ITRS) yang mengacu pada Teknologi Toll Road 4.0.

 BACA JUGA:Persiapan Sertijab Danramil, Kodim 0401/Muba Verifikasi Koramil 401-03/Sekayu

BACA JUGA:Tol Trans Sumatera Dengan Pemandangan Indah Ini Bakal Segera Rampung, Pengerjaan Kontruksi Capai 88 Persen

"Pada Desember 2023, kita akan memulai uji coba penggunaan sistem transaksi tanpa kontak atau MLFF di enam ruas jalan tol, dimulai dari Jalan Tol Bali-Mandara," jelasnya.

"Saya sangat berharap sistem ini semakin meningkatkan pelayanan jalan tol kita melalui digitalisasi transformatif," kata Menteri Basuki saat membuka Forum Bisnis HunIndoTech 4.0 di Hotel Westin, Jakarta pada Selasa (14/11/2023).

Menteri Basuki mengatakan, meskipun dalam prosesnya tentunya diiringi dengan berbagai tantangan, Pemerintah Indonesia tetap berkomitmen untuk menyukseskan penerapan sistem MLFF ini. 

"Ini adalah transisi, seperti halnya dulu kita beralih dari transaksi cash menjadi non cash dengan tapping. Teknologinya pasti sudah siap, tantangannya bagaimana implementasinya kepada masyarakat. Tetapi kami jamin Indonesia tetap berkomitmen menyukseskan penerapan sistem MLFF ini," katanya. 

BACA JUGA:Stok Kosong, Harga Ikan Gabus di Sanga Desa Melambung

BACA JUGA:Lobang di Jembatan Jalinteng Sekayu Lubuk Linggau Ini Membahayakan, Pengendara Berharap Diperbaiki

Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian menjelaskan, proses uji coba transisi MLFF secara terbatas di Jalan Tol Bali-Mandara akan dilaksanakan pada minggu kedua Desember 2023 selama sekitar dua minggu. 

"Setelah diuji coba selama dua minggu, kita akan evaluasi. Jika dinilai telah berhasil, akan segera kita expand penerapannya di jalan tol lainnya. Jika masih ada kekurangan, akan segera diperbaiki dan diuji coba kembali," ujar Hedy. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: