Pagaralam Ngak Masuk, Inilah 7 Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia

Pagaralam Ngak Masuk, Inilah 7 Daerah Penghasil Kopi Terbaik di Indonesia

Petani kopi--

HARIANMUBA.COM - Indonesia, tanah yang kaya akan keindahan alamnya, memancarkan keharumannya melalui biji kopi berkualitas tinggi yang menjadi andalan dunia. 

Artikel ini akan membawa kita menjelajahi tujuh daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia dan ragam biji kopi lokal yang mereka hasilkan menurut buku Ekspor Kopi oleh Busono Edi dan Dini Mardiani:

1.Aceh: Menghembuskan Aroma Pegunungan dan Arabika Terbaik

Aceh, dengan gemerlap pegunungan dan perbukitan, dikenal sebagai produsen kopi Arabika terkemuka. Kopi Gayo, Kopi Takengon, dan Kopi Bener Meriah adalah embodi dari kekayaan cita rasa Aceh.

2.Sumatera Utara: Kopi Mandailing, Kekayaan Rempah dan Cokelat

Sumatera Utara menciptakan keajaiban dengan Kopi Mandailing yang lembut dan pekat. Suguhan cokelat dan rempah-rempah menjadi ciri khas biji kopi Sumatera.

BACA JUGA:Hasil Konfercab VIII, Ahmad Ghozin Kembali Terpilih Ketua GP Ansor Muba

3.Lampung: Robusta Ringan dengan Sentuhan Asam yang Khas

Lampung bukan hanya yang terbaik dalam produksi, tapi juga penghasil kopi Robusta terbesar kedua di Indonesia. Cita rasa ringan dan asamnya membuatnya unik.

4.Bali: Premium dan Terbatas - Kopi Kintamani

Bali, tak hanya destinasi wisata, juga dikenal sebagai penghasil biji kopi premium. Kopi Kintamani dengan rasa dark chocolate dan rempah-rempahnya menjadi daya tarik tersendiri.

5.Flores: Kuat dan Aromatik di Ketinggian Bajawa

Flores, dikelilingi gunung berapi aktif, melahirkan biji kopi Arabika dan Robusta yang kuat dan aromatik. Rasa pahit dengan aroma yang memikat menciptakan pengalaman unik.

6.Sulawesi: Toraja dan Kalosi, Keindahan Kopi Sulawesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: