Potret Jadul Kota Palembang, Gedung Peninggalan Belanda Jadi Saksi Bisu Sejarah

Potret Jadul Kota Palembang, Gedung Peninggalan Belanda Jadi Saksi Bisu Sejarah

Gedung Jacobson van den Berg--

HARIANMUBA.COM - Sumatera Selatan tidak hanya dikenal karena keindahan wisata alamnya, tetapi juga memiliki kawasan bersejarah dengan ratusan bangunan tua yang ikonik. 

Kawasan ini, dulu disebut sebagai wajah Palembang zaman dulu, masih mempertahankan kondisi gedung-gedung tua yang kokoh hingga saat ini.

Salah satu bangunan yang mencuri perhatian adalah gedung Jacobson van den Berg, sebuah kantor perusahaan perdagangan Belanda yang kini menjadi cagar budaya. 

Gedung ini menyimpan ruangan brankas yang digunakan untuk menyimpan barang berharga seperti uang, sementara komoditi andalan Sumatera Selatan, seperti karet, kopi, dan batubara, diperdagangkan melalui gudang ini.

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Lantik Dja’Far Shodiq sebagai Bupati OKI, Sisa Masa Jabatan 2019 - 2024

Kawasan Sekanak, terletak di Kota Palembang, Sumatera Selatan, juga terkenal sebagai benteng terakhir pertahanan para bangsawan, seperti Adipati dan jajaran mereka. 

Rumah limas, rumah adat berbentuk panggung, tempat tinggal para bangsawan, masih berdiri kokoh hingga saat ini, menyimpan sejarah penting sebelum Indonesia merdeka.

Meski sebagian bangunan memerlukan perbaikan karena usia, Pemerintah Kota Palembang dan komunitas pecinta sejarah sedang melakukan penataan ulang. 

Tujuannya adalah menjadikan Kawasan Sekanak sebagai destinasi wisata sejarah. Proses penataan melibatkan pengecatan bangunan tua, penataan Sungai Sekanak, dan perbaikan bangunan lainnya, seperti pasar tradisional, bioskop Rex, dan pabrik es tua yang telah berdiri sejak 1912.

BACA JUGA:Heboh, Warga Lalan Resah Aksi Pencurian Rumah, Satu Minggu 3 Rumah Dijarah Maling

Inilah Kawasan Sekanak, tempat di Sumatera Selatan yang mempersembahkan jejak sejarah Palembang zaman dahulu, dan kini tengah diupayakan untuk menjadi destinasi wisata sejarah yang menarik.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: