Puncak Musim Penghujan, Pj Gubernur Sumsel Fatoni Himbau Perlu Fokus Mitigasi Banjir dan Longsor

Puncak Musim Penghujan, Pj Gubernur Sumsel Fatoni Himbau Perlu Fokus Mitigasi Banjir dan Longsor

Mitigasi Bencana Banjir dan Longsor --

HARIANMUBA.COM- Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengajak seluruh jajaran untuk fokus dalam mitigasi bencana banjir dan tanah longsor.

Dikarenakan akhir-akhir ini intesitas hujan yang tinggi di sejumlah wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

Sejumlah upaya juga telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Salah satunya dengan menggelar apel rutin Kesiapsiagaan Personel dan Peralatan Penanggulangan Bencana Banjir dan Tanah Longsor.

"Dengan mitigasi diharapkan dapat memberikan rasa nyaman kepada masyarakat dari ancaman bencana banjir dan tanah longsor. Walaupun kita juga berharap bencana itu tidak terjadi," ucap Fatoni usai menghadiri kegiatan Peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023 di Hotel Aryaduta Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (14/12/2023).

BACA JUGA:Juli Tahun 2024, Warga Bayung Lencir Makin Dekat ke Kota Jambi Dari Pada ke Kota Sekayu

Menurutnya, mitigasi bencana perlu dilakukan sebagai bagian dari upaya pencegahan dalam menghadapi bencana.

Ini dikarenakan adanya curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan bencana banjir bandang dan tanah longsor.

Oleh karena itu, seluruh personel satgas penanggulangan bencana harus tetap siaga dalam memberikan edukasi dan peringatan dini kepada masyarakat di daerahnya masing-masing.

"Kondisi ekologi seperti degradasi alam, perilaku manusia ini dapat kita perbaiki, namun ini tidak bisa kita kerjakan secara sendiri sendiri kita perlu bersama secara komprehensif untuk mengatasinya," kata Fatoni.

BACA JUGA:Tahun 2024 Tol Jambi Rengat Mulai Dibangun, Ternyata Hanya Sampai ke Merlung

Fatoni juga menekankan agar mitigasi terus dilakukan untuk mengurangi risiko jika terjadi bencana banjir dan tanah longsor.

"Mudah-mudahan dengan kesiapsiagaan kita, bencana ini tidak bertambah lagi, walaupun terjadi kita berharap tidak menimbulkan sampai menimbulkan kerusakan sarana prasarana dan  korban jiwa," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: