Sering Dijadikan Lalapan, Daun Sambung Nyawa Ternyata Manfaat Luar Biasa, Apa Saja?

Sering Dijadikan Lalapan, Daun Sambung Nyawa Ternyata Manfaat Luar Biasa, Apa Saja?

Daun Sambung Nyawa--

HARIANMUBA.COM- Daun sambung nyawa, juga dikenal sebagai Gynura Procumbens, bukan hanya sekadar tanaman hias di dapur, tetapi juga menyimpan potensi besar untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. 

Tanaman ini merambat dengan warna hijau muda dan memiliki asal-usul yang melibatkan wilayah India, Thailand, Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Afrika. 

Kaya akan senyawa-senyawa aktif seperti vitamin, saponin, tannin, terpenoid, flavonoid, kaempferol-3-O-rutinoside, kaempferol, astragalin, dan rutin.

Daun sambung nyawa dapat dinikmati dengan berbagai cara. Mulai dari dimakan mentah sebagai lalapan, diolah menjadi lauk, hingga dijadikan rebusan seperti teh. 

BACA JUGA:Atlet Paramotor Sumsel Mendarat Darurat di Atas Masjid, Ini penyebabnya

Fleksibilitas tanaman ini membuatnya mudah diintegrasikan dalam berbagai menu sehari-hari. Untuk yang lebih praktis, suplemen daun sambung nyawa juga tersedia, dengan catatan pastikan memiliki izin edar dari BPOM.

Manfaat Daun Sambung Nyawa untuk Kesehatan:

1. Mencegah Penyakit Ginjal:

   Penelitian mencatat kemampuan ekstrak daun sambung nyawa dalam menghambat pembelahan sel dan sintesis DNA yang dapat berkontribusi pada gangguan ginjal.

2. Mengatasi Hipertensi dan Melindungi Jantung:

   Daun sambung nyawa dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi dengan menghambat aktivitas angiotensin converting enzyme (ACE), menjaga kesehatan jantung.

3. Reredakan Peradangan:

   Kandungan etanol, steroid, flavonoid, dan kaempferol dalam daun ini memiliki sifat antiinflamasi dan antivirus, meredakan peradangan seperti pada penyakit rematik.

BACA JUGA:Resmi! Pengumuman Kelulusan PPPK Guru tahun 2023, Catat Tanggalnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: