Kekayaan Presiden Indonesia Dari Masa ke Masa, Sosok Ini Paling Kaya

Kekayaan Presiden Indonesia Dari Masa ke Masa, Sosok Ini Paling Kaya

7 Presiden Republik Indonesia --

HARIANMUBA.COM- Sejak Indonesia merdeka pada tahun 1945, tujuh presiden telah memimpin negara ini, masing-masing meninggalkan jejak dalam sejarah dan memiliki cerita unik mengenai kekayaan mereka. 

Berikut adalah daftar kekayaan presiden Indonesia dari masa ke masa, berdasarkan informasi yang dapat ditemukan dari berbagai sumber:

  • Presiden Soekarno

Kekayaan Soekarno, Presiden pertama Indonesia, belum diketahui secara pasti. Namun, pada tahun 2012, sebuah koran Austria, Kronen Zeitung, mengklaim bahwa kekayaan Soekarno mencapai US$ 180 miliar yang tersimpan di sebuah bunker di Union Bank of Switzerland (UBS).

  • Presiden Soeharto

Kekayaan Presiden kedua Indonesia, Soeharto, menjadi perbincangan setelah lengser dari jabatannya pada tahun 1998. Ada laporan yang menyebutkan adanya perpindahan uang mencapai US$ 9 miliar ke bank di Austria. Sumber lain, Time Warner Inc, menyebutkan bahwa kekayaan Soeharto mencapai sekitar US$ 15 miliar.

BACA JUGA:Sudah Dinyatakan Lolos, PPPK Penyuluh Pertanian di Rejang Lebong Bengkulu Justru Mengundurkan Diri

  • Presiden B.J. Habibie

Kekayaan BJ Habibie, Presiden ketiga, belum diketahui secara pasti. Namun, media cetak Asia Far Eastern Economic Review pernah melaporkan bahwa kekayaan Habibie mencapai US$ 60 juta. Anak-anaknya juga tercatat memiliki kekayaan yang signifikan.

  • Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Gus Dur, Presiden keempat, dilaporkan memiliki kekayaan sebesar Rp 3,49 miliar menurut Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2001.

  • Presiden Megawati Soekarnoputri

Megawati, Presiden kelima dan satu-satunya perempuan yang menjabat, memiliki kekayaan mencapai Rp 96,16 miliar berdasarkan LHKPN tahun 2014.

  • Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

SBY, Presiden keenam, tercatat memiliki kekayaan sebesar Rp 13,98 miliar menurut LHKPN tahun 2014.

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi, Presiden saat ini, memiliki kekayaan sebanyak Rp 50,24 miliar berdasarkan LHKPN. Hartanya berasal dari tanah, kendaraan, dan harta bergerak lainnya.

BACA JUGA:5 Shio Ini Diprediksi Paling Hoki di Tahun 2024, Apa Saja Itu Berikut Daftarnya

Ketika membahas kekayaan pejabat negara, termasuk presiden, penting untuk mencatat bahwa angka yang disebutkan mungkin bersifat perkiraan dan dapat berubah seiring waktu. Kekayaan tersebut dapat berasal dari berbagai aset, termasuk properti, kendaraan, dan investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: