Pemkab Muba Buka Skema KPBU Bangun Infrastruktur Penerangan Jalan Umum

Pemkab Muba Buka Skema KPBU Bangun Infrastruktur Penerangan Jalan Umum

Pemkab Muba Buka Skema KPBU Bangun Infrastruktur Penerangan Jalan Umum--

HARIANMUBA.COM,- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin akan menerapkan skema kerjasama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) dalam pembangunan infrastruktur penerangan jalan umum (PJU).

Hal ini terungkap dalam rapat persiapannya yang dipimpin oleh Asisten II Setda Muba Andi Wijaya Busro SH MHum, bersama kepala perangkat daerah terkait di Ruang Rapat Sekda Muba, Kamis (4/1/2024).

Pada kesempatan itu Andi Wijaya Busro mengatakan bahwa skema KPBU yang akan menggaet investor swasta ini dilakukan dalam rangka mempercepat pembangunan infrastruktur penerangan jalan umum di Kabupaten Muba.

Sebagai langkah awal Pemkab Muba bakal membentuk Tim KPBU yang terdiri dari perangkat daerah seperti, Bappeda, Dinas PU PR.

BACA JUGA:27 Ribu Jiwa di Musi Banyuasin Jadi Sasaran Program Pengentasan Kemiskinan Tahun 2024

BACA JUGA:Inilah Daftar Smartphone Baru yang Akan Meluncur di 2024

Bagian Kerjasama Setda Muba, dan perangkat daerah terkait lainnya. Adapun pola KPBU meliputi perancangan, desain, pembangunan, pembiayaan, operasi dan pemeliharaan.

"Melalui Tim KPBU kita akan mengusulkan ruas jalan mana yang akan dilakukan KPBU, nanti diusulkan dan dilaporkan ke Pak Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi," ielasnya.

"Setelah di tetapkan, itu akan menjadi pedoman yang akan di handle oleh KPBU, misal jalan nasional dari Kecamatan Lais hingga Kecamatan Sanga Desa, yang memang menjadi kebutuhan masyarakat. Kemudian jalan kabupaten, yang memang keseharian masyarakat sudah mengeluh, terkait operasi lampu jalan yang tak maksimal," ujarnya.

Untuk itu, dalam kegiatan ini ia meminta agar tim harus pro aktif agar bisa berjalan dengan baik.

BACA JUGA:BMKG Prediksi 7 Wilayah Indonesia Ini Bakal Alami Cuaca Panas di 2024

BACA JUGA:Di Desa Bukit Indah, Hj Asna Aini Apriyadi Panen Cabai Merah

"Kita harus pro aktif, koordinasikan dengan investor agar KPBU ini berjalan dengan baik. Karena kita butuh mereka supaya membangun di tempat kita," tandasnya.

Plt Kepala Bappeda Muba Sunaryo SSTP MM diwakili Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Amrah Syarif ST MT, menyampaikan, terkait langkah-langkah penerapan skema KPBU, sebagai langkah awalnya simpul KPBU sudah terbentuk, dan kemudian membentuk Tim KPBU yang diketuai oleh leading sektor dalam hal ini adalah Dinas PU PR Muba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: