Pernah Mengalami Kartu ATM Tertelan Mesin? Ini Langkah yang Perlu Dilakukan

Pernah Mengalami Kartu ATM Tertelan Mesin? Ini Langkah yang Perlu Dilakukan

Ilustrasi transaksi di mesin ATM--

HARIANMUBA.COM- Kartu ATM menjadi pengganti uang yang dilakukan secara non-tunai dengan mudah. Di samping kemudahannya, kartu ATM dapat mengakibatkan masalah. Salah satunya kartu ATM tertelan.

Saat kartu ATM Anda tertelan oleh mesin, tidak perlu panik. Meskipun kejadian ini tidak jarang terjadi, beberapa langkah sederhana dapat membantu Anda mengatasi situasi tersebut dengan tenang dan efektif.

Berikut harianmuba.com telah merangkum tips yang perlu dilakukan jika kartu ATM anda tertelan:

1. Jangan Panik

Reaksi pertama yang perlu diambil adalah tetap tenang. Kartu ATM bisa tertelan karena berbagai alasan, dan panik hanya akan membuat situasi menjadi lebih sulit.

BACA JUGA:Perlu Kamu Ketahui, 3 Jenis Buah Ini Bisa Redakan Nyeri Asam Urat

2. Periksa Kondisi Mesin ATM

Pastikan bahwa mesin ATM masih dalam kondisi aktif. Jika mesin tampak tidak berfungsi atau mengalami masalah teknis, segera hubungi layanan pelanggan bank terkait untuk melaporkan kejadian ini.

3. Hubungi Layanan Pelanggan Bank

Setiap kartu ATM dilengkapi dengan nomor layanan pelanggan bank. Segera hubungi nomor tersebut untuk melaporkan bahwa kartu Anda tertelan oleh mesin ATM. Pihak bank akan memberikan panduan lebih lanjut mengenai tindakan yang perlu diambil.

4. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Cek sekitar mesin ATM untuk memastikan tidak ada perangkap atau perangkat perekam yang mencurigakan. Keamanan informasi pribadi Anda sangat penting, jadi pastikan tidak ada tindakan yang mencurigakan di sekitar mesin.

5. Tetap di Lokasi Mesin ATM

Tetap berada di dekat mesin ATM setelah kartu Anda tertelan. Terkadang, petugas bank atau penyedia mesin ATM dapat memberikan bantuan atau informasi lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: