Miliki Panjang 271 Kilometer Sungai di Sumatera Selatan Ini Lintasi Tiga Kabupaten dan Dua Kota

Miliki Panjang 271 Kilometer Sungai di Sumatera Selatan Ini Lintasi Tiga Kabupaten dan Dua Kota

Sungai Lematang--

HARIANMUBA.COM - Sumatera Selatan, yang terkenal dengan julukan 'Batanghari Sembilan,' merujuk pada sembilan sungai besar yang menjadi sumber berbagai manfaat bagi masyarakat.

Salah satu sungai yang terpanjang adalah Sungai Lematang, melintasi lima kabupaten/kota di provinsi ini.

Sungai Lematang memiliki panjang mencapai 271 km dan Daerah Aliran Sungai (DAS) seluas 295,88 km2. Dengan debit bulanan rata-rata 315,8 m3/detik, sungai ini bermuara di Sungai Musi setelah melewati tiga kabupaten dan dua kota, yakni Lahat, Muara Enim, Pali, Pagar Alam, dan Prabumulih.

Sumber mata air Sungai Lematang berada di kaki Gunung Patah, bagian dari Pegunungan Bukit Barisan. 

BACA JUGA:Lowongan Kerja Terbaru di Provinsi Sumatera Selatan, Khusus Lususan SMA Batas Usai 40 Tahun, Cek Sekarang!

Tiga mata air utama, Ayek Puding, Ayek Basemah, dan Ayek Ringkeh, bermuara di Sungai Musi setelah melalui kawasan Hutan Adat Mude Ayek Tebat Benawa di Kota Pagar Alam.

Sungai Lematang menjadi tulang punggung wilayah Sumatera Selatan, mengalir melintasi lima kabupaten/kota. Kota Pagar Alam, Kabupaten Lahat, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Kota Prabumulih, dan Kabupaten Muara Enim mendapatkan manfaat dari aliran Sungai Lematang, memperkuat peran sungai ini dalam pengembangan daerah dan kehidupan sehari-hari.

Keberagaman alam Sungai Lematang menjadi kekayaan yang harus dijaga dan dilestarikan. Selain memberikan sumber daya alam yang berlimpah, sungai ini menciptakan lingkungan yang subur, mendukung pertanian, dan menyediakan air bersih bagi masyarakat sekitar. 

BACA JUGA:Jalin Kerjasama, Data Center BP Batam Mampu Jadi Lokasi Backup dan Replikasi Andalan Pemkab Muba

Meski begitu, tantangan perlindungan lingkungan masih ada, dan keterlibatan aktif dari berbagai pihak menjadi kunci untuk menjaga keberlanjutan dan keberagaman sungai ini.

Sungai Lematang, dengan segala keindahan alam dan manfaatnya, terus menjadi aset berharga yang memperkaya Sumatera Selatan. 

Melalui pemahaman akan pentingnya peran sungai ini, diharapkan upaya pelestarian dan pengembangan dapat terus dilakukan untuk menjaga keberlanjutan Sungai Lematang bagi generasi mendatang.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: