Puluhan Ribu Rumah Terendam dan Jembatan Putus Akibat Banjir di Kabupaten Musi Rawas Utara

Puluhan Ribu Rumah Terendam dan Jembatan Putus Akibat Banjir di Kabupaten Musi Rawas Utara

Kondisi banjir di Kabupaten Musi Rawas Utara --

HARIANMUBA.COM- Banjir besar akibat curah hujan tinggi melanda 6 Kecamatan di wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara sejak Rabu 10 Januari 2024.

Sungai Rawas diduga tidak mampu menampung debit air, hingga menyebabkan meluapnya aliran air dan arus deras yang akhirnya merendam pemukiman warga.

Data dari laporan Banjir Pusdalops-BPBD Kabupaten Muratara yang diunggah di akun Facebook Trc Bpbd Muratara memberikan gambaran kondisi terkini. 

Sekitar 20.000 rumah warga dan fasilitas umum terendam akibat banjir tersebut. Juga, 8 jembatan gantung di atas Sungai Rawas putus, termasuk Jembatan Gantung Desa Batu Gajah, Desa Sosokan, Desa Muara Kuis, Dusun Kemang Desa Muara Kuis, Dusun Desa Muara Kuis, Pulau Kidak, Kelurahan Muara Kulam, dan Desa Karang Anyar yang terendam.

BACA JUGA:Siap-Siap, Tahun 2024 Ini Tol Trans Sumatera Bakal Ada Kenaikan Tarif, Berikut Daftarnya

Kepala BPBD Kabupaten Musi Rawas Utara, H Zainal Arifin Daud, menyatakan pada Kamis, 11 Januari 2024, pukul 07.00 WIB, bahwa banjir telah merugikan perekonomian masyarakat setempat. 

Selain itu, akses jalan Desa Sosokan ke Napalicin lumpuh total akibat longsor, sementara debit air masih tinggi, mempersulit upaya penanganan dampak banjir. 

Situasi ini menunjukkan besarnya tantangan yang dihadapi oleh warga Kabupaten Muratara untuk pulih dari bencana ini.(*)

Berita ini sudah tayang di bacakoran.co dengan judul: Innalillahi! 20.000 Rumah di Muratara Terendam, 8 Jembatan Gantung Putus Dihantam Banjir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: