Akibat Banjir,Warga Desa Ulak Embacang Terpaksa Salat Jumat di Atas Dak Masjid

Akibat Banjir,Warga Desa Ulak Embacang Terpaksa Salat Jumat di Atas Dak Masjid

Warga Desa Ulak Embacang Terpaksa Salat Jumat di Atas Dak Masjid--

SANGA DESA, HARIANMUBA.COM - Puluhan warga Desa Ulak Embacang, Kecamatan Sanga Desa, Jumat 19 Januari 2024, terpaksa melaksanakan ibadah Salat Jumat berjamaah di atas Dak Masjid.

Hal itu dikarenakan bangunan Masjid Al Istiqomah tempat biasa mereka Salat, kini terendam banjir akibat luapan air Sungai Rawas.

Berdasarkan informasi, Salat Jumat di atas Dak Masjid ini sudah dua pekan terakhir dilakukan oleh masyarakat. Mereka terpaksa melakukannya, karena kondiai ketinggian air di lokasi mencapai 5 meter.

Selain merendam bangunan masjid, banjir juga menggenangi ratusan rumah warga, Poskesdes, Kantor Desa, hingga Balai Desa. Meski terkepung banjir warga setempat tetap memilih bertahan di rumah masing-masing yang berbentuk panggung, hingga banjir surut nanti.

BACA JUGA:Dampak Air Rendami Jalinteng, Arus Lalu Lintas Jalinteng di Desa Ulak Teberau Terjadi Kemacetan

Kepala Desa Ulak Embacang Nuraidin kepada awak media Minggu 21 Januari 2024 membenarkan mengenai video viral yang memperlihatkan warga Desa Ulak Embacang Salat Jumat di atas Dak Masjid.

"Ya, benar. Sudah dua pekan ini di Desa Ulak Embacang Salat Jumat dilaksanakan di atas Dak Masjid. Hal ini terpaksa dilakukan karena kondisi banjir yang melanda desa kami," ujarnya.

Sementara itu Lukman (40) warga setempat mengatakan bahwa meski dilakukan di tempat yang tidak biasa, Salat Jumat tetap berjalan dengan khusyuk.

"Alhamdulillah jamaah tetap khusyuk melaksanakan ibadah. Memang dibandingkan di dalam masjid, Salat di atas atap itu kondisinya sedikit panas," tukasnya.(ren)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: