Nikmat Buka Puasa dengan Menu Khas Palembang untuk Ramadhan 2024

Nikmat Buka Puasa dengan Menu Khas Palembang untuk Ramadhan 2024

Menu berbuka puasa.--

HARIANMUBA.COM - Ramadhan sebentar lagi tiba, saatnya umat Islam menjalankan ibadah puasa. Bagi masyarakat Palembang, berbuka puasa tidak lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner khas daerahnya.

Selain pempek yang sudah terkenal, Palembang punya banyak hidangan istimewa yang cocok untuk menu berbuka puasa. Mari simak beberapa pilihan menarik yang menggugah selera:

1. Mie Celor: Perpaduan mie kuning, tauge, telur, dan irisan daging sapi disiram kuah santan kental beraroma kaldu udang. Gurihnya santan berpadu dengan rasa gurih udang dan sedikit manis, membuat Mie Celor cocok sebagai hidangan pembuka yang mengenyangkan.

2. Tekwan: Bakso ikan dengan kulit yang kenyal berisi adonan ikan dan sagu. Tekwan disajikan dalam kuah bening beraroma udang, dengan bihun, jamur kuping, dan irisan timun. Bagi yang suka makanan berkuah hangat dan ringan, Tekwan adalah pilihan tepat.

BACA JUGA:Cocok Untuk Hidangan Saat Sahur Dan Berbuka, Ini Resep Dan Cara Membuat Tongseng

BACA JUGA:4 Resep Olahan Tempe, Cocok Buat Menu Sahur dan Berbuka Puasa

3. Laksan: Terbuat dari adonan pempek yang diiris tipis-tipis lalu disiram dengan kuah kental santan beraroma ebi dan bawang goreng. Laksan biasanya disajikan dengan pelengkap seperti ketupat, telur, dan mentimun. Teksturnya yang lembut dan kuah santan yang gurih membuat Laksan digemari semua usia.

4. Pindang: Hidangan berkuah bening dengan rasa asam segar. Isiannya bisa beragam, seperti pindang tulang iga, pindang udang, atau pindang patin. Selain nikmat dimakan dengan nasi, Pindang juga cocok sebagai kuah untuk menetralisir rasa setelah menyantap makanan pembuka yang manis atau gurih.

5. Es Kacang Merah: Untuk menyegarkan tenggorokan setelah berbuka puasa, Es Kacang Merah bisa jadi pilihan yang tepat. Kacang merah yang direbus hingga empuk disajikan dengan es serut, gula merah, santan, dan cincau. Manisnya pas dan dinginnya es membuat badan kembali bersemangat.

6. Kue Maksuba: Hidangan manis ini cocok untuk menutup hidangan berbuka puasa. Terbuat dari telur bebek yang dimasak dengan kental manis hingga berwarna cokelat tua dan bertekstur legit. Manisnya yang pas membuat kue ini digemari semua kalangan.

Selamat menjalankan ibadah puasa dan menikmati hidangan berbuka puasa yang istimewa bersama keluarga tercinta di Ramadhan 2024!

Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: