6 Tips Pola Makan Sehat Selama Puasa

6 Tips Pola Makan Sehat Selama Puasa

Ilustrasi--

HARIANMUBA.COM - Ramadan tahun ini akan jatuh pada musim panas yang kemungkinan dehidrasi dan risiko kesehatannya lebih tinggi. Karena itu menjaga pola makan penting agar tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa.

Bagaimana pola makan yang sehat selama puasa, berikut 6 tips dari ahli gizi senior di Rumah Sakit Wockhardt Mira Road Mumbai, India Riya Desai seperti dilansir Hindustan Times (5/3).

Pertama, mengonsumsi pola makan seimbang yang mencakup buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sumber protein untuk menjaga tingkat energi dalam tubuh.

Dengan merencanakan makanan secara hati-hati dan menggabungkan beragam bahan, seseorang dapat meningkatkan kesehatan dan vitalitas mereka selama bulan Ramadhan

BACA JUGA:Daftar HP Samsung Terbaru 2024, Cek Harga dan Spesifikasinya!

BACA JUGA:Tips Puasa Bagi Penderita Maag Kronis, Agar Kesehatan Tubuh Terjaga Selama Ibadah

Selain itu, prioritaskan untuk memakan makanan padat nutrisi.

Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan fisik dan mendukung kestabilan emosi sepanjang bulan Ramadhan, sehingga membantu tubuh untuk merasa kenyang lebih lama.

Kedua, menjaga hidrasi atau cairan dalam tubuh.

Hidrasi adalah pertimbangan paling penting karena dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

BACA JUGA:Ingin Wajah Terlihat Lebih Simetris? Lakukan 5 Gerakan Ini

BACA JUGA:Selama Ramadan, Pemkab Keluarkan Edaran Tempat Hiburan Ditutup

Untuk menjaga hidrasi tubuh, batasi konsumsi makanan asin, pedas, dan gorengan untuk menghindari rasa haus saat berpuasa.

Selain itu, pilihlah cairan yang tidak banyak mengandung kafein (kopi, teh, dan lainnya) karena cairan berkafein dapat menyebabkan dehidrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: