Bolehkah Mengerjakan Salat Tarawih Sendiri di Rumah? Simak Jawabannya

Bolehkah Mengerjakan Salat Tarawih Sendiri di Rumah? Simak Jawabannya

Bolehkah Mengerjakan Salat Tarawih Sendiri di Rumah? --

HARIANMUBA.COM- Salat Tarawih adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadan. Salat sunnah Tarawih biasa dikerjakan secara berjamaah di masjid atau tempat ibadah umum lainnya.

Namun, apakah memungkinkan untuk melaksanakan Salat Tarawih sendiri di rumah? Mari kita telaah dari perspektif hukum Islam.

Dalam Islam, Allah SWT memberikan kemudahan kepada umat-Nya dalam menjalankan ibadah. Rasulullah SAW bersabda,

"Agama (Islam) itu mudah, dan tidak ada yang memberatkan kecuali dia akan terkikir olehnya." (HR. Bukhari).

BACA JUGA:Bingung Kenapa Kucing Liar Betah di Rumah Kita? Ternyata Ini Alasannya

Dengan demikian, jika seseorang tidak dapat menghadiri salat Tarawih di masjid karena alasan tertentu seperti jarak, kesehatan, atau situasi yang tidak memungkinkan, melakukan Salat Tarawih di rumah dapat menjadi pilihan yang baik.

Hal ini juga sesuai hadist berikut:

عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى ذَاتَ لَيْلَةٍ فِي الْمَسْجِدِ فَصَلَّى بِصَلَاتِهِ نَاسٌ ثُمَّ صَلَّى مِنْ الْقَابِلَةِ فَكَثُرَ النَّاسُ ثُمَّ اجْتَمَعُوا مِنْ اللَّيْلَةِ الثَّالِثَةِ أَوْ الرَّابِعَةِ فَلَمْ يَخْرُجْ إِلَيْهِمْ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا أَصْبَحَ قَالَ قَدْ رَأَيْتُ الَّذِي صَنَعْتُمْ وَلَمْ يَمْنَعْنِي مِنْ الْخُرُوجِ إِلَيْكُمْ إِلَّا أَنِّي خَشِيتُ أَنْ تُفْرَضَ عَلَيْكُمْ وَذَلِكَ فِي رَمَضَانَ (رواه البخاري ومسلم)

"Dari 'Aisyah Ummil Mu'minin radliyallahu 'anha, sesungguhnya Rasulullah pada suatu malam salat di masjid, lalu banyak orang salat mengikuti beliau. Pada hari ketiga atau keempat, jamaah sudah berkumpul (menunggu Nabi) tapi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam justru tidak keluar menemui mereka. Pagi harinya beliau bersabda, 'Sunguh aku lihat apa yang kalian perbuat tadi malam. Tapi aku tidak datang ke masjid karena aku takut sekali bila salat ini diwajibkan pada kalian." Sayyidah 'Aisyah berkata, 'Hal itu terjadi pada bulan Ramadan'." (HR Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA:Berencana Mudik Gunakan Mobil Listrik, Berilit Tips Agar Tidak Mogok Dijalan

Salah satu hikmah Salat Tarawih adalah meningkatkan silaturahmi dan kebersamaan umat Muslim. Namun, dalam keadaan tertentu, seperti di tengah pandemi atau di daerah terpencil, mungkin sulit untuk berkumpul di masjid.

Oleh karena itu, melakukan Salat Tarawih sendiri di rumah dapat menjamin keadilan dalam pelaksanaan ibadah bagi mereka yang tidak dapat berkumpul di masjid.

Islam adalah agama yang fleksibel dan toleran. Meskipun ada sunnah yang mengajarkan Salat Tarawih secara berjamaah di masjid, tidak ada ketentuan yang mengharuskan umat Muslim untuk melakukannya.

Dalam keadaan tertentu, seperti di rumah sendiri, seseorang dapat melakukan Salat Tarawih secara mandiri dengan tetap memperoleh pahala dan keberkahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: